Development of Video Tutorials for Solving Problems on Temperature and Heat Topic to Enhance Students' Cognitive Skills
Abstract
The recent transformation into online learning has reduced students’ cognitive abilities, as indicated by their difficulty in solving problems, including physics questions. Teachers tend to give assignments to work on questions without examples to solve those problems. Based on interview questionnaires, students have difficulty working on physics questions. The purpose of this research is to develop a video tutorial product to solve question items and to find out the products’ feasibility and readability from the students’ perspective. This study used Research and Development with a 4D research design. The video tutorial product was then validated by expert lecturers and resulted in an average score of 3.79 (valid). After being declared valid, then a trial was carried out on class XI students of the 2020/2021 academic year to determine the feasibility and readability of the product. The results of the limited trial showed a feasibility value of 85.0% and the readability value of 90.76%. Since the obtained feasibility and readability scores were above 80%, so the video tutorial product is categorized as successful and can be used as a learning companion media.
Keywords: Video Tutorial, Cognitive Skills, Problem Solving
ABSTRAK
Perubahan pembelajaran secara daring membuat kemampuan kognitif peserta didik mengalami penurunan, yang ditunjukkan oleh kesulitan dalam memecahkan permasalahan salah satunya yaitu soal-soal fisika. Guru cenderung memberikan tugas untuk mengerjakan soal-soal, tetapi tanpa disertai contoh untuk menyelesaikan soal. Berdasarkan angket wawancara, peserta didik mengalami kesulitan mengerjakan soal-soal fisika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan produk video tutorial penyelesaian soal dan mengetahui kelayakan dan keterbacaan produk oleh peserta didik. Metode yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan dengan desain penelitian 4D. Produk video tutorial kemudian dilakukan uji validasi oleh dosen ahli dan menghasilkan nilai rata-rata 3,79 (valid). Setelah dinyatakan valid, kemudian dilakukan uji coba kepada peserta didik kelas XI tahun ajaran 2020/2021 untuk mengetahui kelayakan dan keterbacaan produk. Hasil yang diperoleh dari uji coba terbatas yaitu nilai kelayakan sebesar 85,0% dan nilai keterbacaan sebesar 90,76%. Hasil uji kelayakan dan keterbacaan yang diperoleh mendapt hasil di atas 80%, maka produk video tutorial sudah dapat dikatakan berhasil dan dapat digunakan sebagai media pendamping belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
M.F. Setiawan, Mawardi, and E. Sumadiningrat, “Pengembangan Media Video Tutorial dalam Pembelajaran Prakarya pada Kerajinan Mmembatik di Kelas V SDITQ Abu Bakar Ash-Shidiq Kabupaten Tangerang”, Jurnal Halaqah, vol. 3, no. 4, pp. 130-137, 2021.
F. Hanum and H.A. Yanuarita, “Efektivitas Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) selama Pandemi Covid-19 di Kabupaten Jombang”, Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, vol. 4, no. 4, pp. 468-473 , 2020. http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v4i4.1559.
J. Simanjuntak, dkk, “Analisis Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Matematika pada Masa Pandemi COVID-19 di Negara Asia (Indonesia, Jepang, dan Filipina)”, SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, vol. 2, no. 2, pp. 47-55, 2021.
E. Purwanto and Winarti, “Representasi Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Suhu dan Kalor”, Papua Journal of Physics Education (PJPE), vol. 1, no. 1, pp. 28-35, 2020. DOI: https://doi.org/10.31957/pjpe.v1i1.1279.
D. Arfianingsih, dkk, (2020). “Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Palu dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Kalor”, Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, vol. 8, no. 3, pp. 26-31, 2020.
R. Tampubolon, R. Erina & N.S. Rezeki, “Pengaruh Model Kooperatif Berbantuan Media Video terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMA Swasta Gajah Mada Medan T.P 2018/2019”, Jurnal Penelitian Fisikawan, vol. 3, no. 1, pp. 18-24, 2020. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/870
A.W. Bates, “Teaching in a Digital Age -Second Edition (2 ed.)”. Tony Bates Associates Ltd, 2019.
W. Winarti and I.S. Budiarti, “Diagnostik Konsepsi Siswa pada Materi Suhu dan Kalor”, Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, vol. 8, no. 3, pp. 136-146, 2020. DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v8i3.1337.
I.P.A.D Prayatna, P.S.I. Gusti, and G.I. Nyoman, “Penerapan Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Tutorial untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Sawan”, Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, vol. 9, no. 2, pp. 41-51, 2018.
K.A.H. Pujawan, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Video Tutorial pada Mata Kuliah Multimedia 1 (Design Grafis) di Politeknik Ganesha Guru”,.Journal of Education Technology, vol. 2, no. 1, pp. 61-66, 2019. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jet.v2i1.13810.
I.P. Viratama, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemahaman Siswa pada Konsep Suhu dan Kalor”, Waniambey: Journal of Islamic Education, vol. 1, no. 1, pp. 13-20, 2020.
H. Karlina, Nurimani, and A. Rukyat, “Hubungan antara Pemahaman Konsep Perbandingan Hasil Belajar IPA pada Materi Suhu”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, pp. 174-179, 2020.
E.W.N. Sofianto and R.K. Irawati, “Upaya Meremediasi Konsep Fisika pada Materi Suhu dan Kalor”, Southeast Asian Journal of Islamic Education, vol. 2, no. 2, pp. 109-124, 2020. https://doi.org/10.21093/sajie.v2i2.2188.
M.D.M. Puspitasari, “Investigasi Strategi Pemecahan Masalah dan Penguasaan Konsep pada Materi Kalor”, Jurnal Riset Pendidikan Fisika, vol. 3, no. 2, pp. 1-6, 2018. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v3i2p1-6.
R. Musa’adah and S, “Kusairi Analisis Penguasaan Konsep Materi Suhu Kalor pada Pembelajaran Cognitive Apprenticeship (CA) disertai Formative E-Assessment”, Jurnal Riset Pendidikan Fisika (JRPF), vol. 4, no. 2, pp 85-90, 2020.
Y.E. Faiqoh, Yushardi, and A. Harijanto, “Kemampuan Penalaran Ilmiah Siswa Kelas XI SMAN di Banyuwangi Kota Materi Suhu dan Kalor”, .Jurnal Pembelajaran Fisika, vol. 9, no. 1, pp. 11-16, 2020. doi: https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17936.
R.D.P. Septianty, “Pengembangan Video Tutorial Penyelesaian Soal untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Kelistrikan SMA”, Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: FMIPA UNILA, 2018.
E. Suryanto and Sartinem, “Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, vol. 1, no. 6, 2009.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v7i1p16-21
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rinda Harjuna
View My Stats
Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: