Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Hukum Newton melalui Model Learning Cycle 7E dalam Kerangka PCK

Dinda Taruna Nagara, Endang Purwaningsih, Markus Diantoro

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar fisika dengan model learning cycle 7E terintegerasi PCK pada materi hukum Newton yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konseptual siswa. Penelitian ini menerapkan rancangan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase kelayakan sebesar 86,26% (sangat baik). Dengan demikian bahan ajar PCK learning cycle 7E layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil nilai observasi keterlaksanaan pembelajaran diperoleh persentase sebesar 93,27% (sangat praktis). Hasil uji Mann-Whitney pada nilai posttest kelas kontrol diperoleh nilai Asymp. Sig sebesar 0,250 dan kelas eksperimen nilai Asymp. Sig sebesar 0,024. Hasil analisis uji Mann-Whitney memberikan informasi bahwa terdapat perbedaan nilai Asymp.Sig kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Beradasarkan hasil analisis uji Mann-Whitney dapat disimpulkan bahwa bahan ajar fisika efektif untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep siswa.

 

Keywords


penguasaan konsep; pedagogical content knowledge; kinematic; newton law

Full Text:

PDF

References


Jaya, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Bermuatan Pen-didikan Karakter dengan Seting Guided Inquiry untuk Meningkatkan Karakter dan Hasil Belajar Siswa,” EJournal PPS Univ. Pendidik. Ganesha Progr. Stud. Pendidik. IPA, vol. Vol 4, 2014.

A. Yadaeni, S. Kusairi, and Parno, “Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XII pada Materi Fluida Statis,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 3(3), p. 357—364, 2018.

J. Handhika, C. Cari, A. Soeparmi, and W. Sunarno, “Student conception and perception of Newton’s law,” AIP Conf. Proc., vol. 1708, no. February 2016, 2016.

E. Afwa, I. L., Sutopo., & Latifah, “Deep Learning Question untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika,” J. Pendidik. Teor. penelitian, dan Pengemb., vol. 1(3), pp. 434–447, 2016.

J. L. Docktor and J. P. Mestre, “Synthesis of Discipline-Based Education Research In Physics,” Phys. Rev. Spec. Top. Educ. Res., vol. 10 (2), pp. 1554–9178, 2014.

A. E. Putri, “Analisis Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Hukum Newton pada Pembelajaran Modeling Instruction disertai Web Based Formative Assessment,” Pros. Semin. Pend. IPA Pascasarj. UM, 2019.

D. Rafiah, P. Parno, and A. Taufiq, “Analisis Penguasaan Konsep Siswa SMA Pada Materi Fluida Statis,” Semin. Nas. Pendidik. IPA 2017, vol. 2, 2017.

A. M. Saifullah, S. Sutopo, and H. Wisodo, “Senior high school students’ difficulties in solving impulse and momentum problems,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 6, no. 1, pp. 1–10, 2017.

R. A. Shilla, S. Kusairi, and A. Hidayat, “Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Hukum Newton tentang Gerak,” Semin. Nas. Pendidik. IPA 2017, vol. 2, 2017.

L. Widodo, L. Yuliati, and P. Parno, “Eksplorasi Penguasaan Konsep Awal Siswa pada Materi Fluida Statis,” Semin. Nas. Pendidik. IPA 2017, vol. 2, 2018.

I. Rahmawati, S. Sutopo, and S. Zulaikah, “Analysis of Students’ Difficulties about Rotational Dynamic Topic Based on Resource Theory,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 6, no. 1, 2017.

S. Sutopo, “Students’ Understanding of Fundamental Concepts of Mechanical Wave,” Indones. J. Phys. Educ., vol. 12, no. 1, pp. 41–53, 2016.

R. Rosenblatt and A. F. Heckler, “Systematic study of student understanding of the relationships between the directions of force, velocity, and acceleration in one dimension.,” Phys. Rev. Spec. Top. - Phys. Educ. Res., vol. 7, pp. 1–20, 2011.

D. Nguyen and N. S. Rebello, “Students’ Difficulties in Transfer of Problem Solving Across Representations,” in 2009 PHYSICS EDUCATION RESEARCH CONFERENCE, 2009, vol. 1179, no. 1, pp. 221–224.

R. D. Knight, “The vector knowledge of beginning physics students,” Phys. Teach., vol. 33, no. 2, pp. 74–77, 1995.

S. Flores, S. Kanim, and C. Kautz, “Student use of vectors in introductory mechanics,” Am. J. Phys. - AMER J PHYS, vol. 72, 2004.

L. Ortiz, “Identifying student reasoning difficulties with the mathematical formalism of rotational mechanics,” 2002.

P. S. Shaffer and L. C. McDermott, “A research-based approach to improving student understanding of the vector nature of kinematical concepts,” Am. J. Phys., vol. 73, no. 10, pp. 921–931, 2005.

A. F. Heckler, “Some consequences of prompting novice physics students to construct force diagrams,” Int. J. Sci. Educ., vol. 32, pp. 1829–1851, 2010.

A. Savinainen, A. Makinen, and J. Viiri, “Does Using a Visual-representation Tool Foster Students’ Ability to Identify Forces and Construct Free Body Diagrams,” Phys. Rev. Spec. Top. - Phys. Educ. Res., pp. 1–11, 2013.

D. Rosengrant, A. Van Heuvelen, and E. Etkina, “Do Students Use and Understand Free-Body Diagrams?,” Phys. Rev. Spec. Top. Educ. Res., vol. 5, no. 1, p. 10108, 2009.

C. Singh and C. D. Schunn, “Connecting Three Pivotal Concepts in K-12 Science State Standards and Maps of Conceptual Growth to Research in Physics Education,” arXiv Prepr. arXiv1603.06024, 2016.

Sutopo, Liliasari, B. Waldrip, and D. Rusdiana, “IMPACT OF REPRESENTATIONAL APPROACH ON THE IMPROVEMENT OF STUDENTS’ UNDERSTANDING OF ACCELERATION,” J. Pendidik. Fis. Indones., vol. 8, no. 2, pp. 161–173, 2012.

L. Halim, T. K. Yong, and T. S. M. Meerah, “Overcoming Students’ Misconceptions on Forces in Equilibrium: An Action Research Study,” Creat. Educ., vol. 2014, no. 11, pp. 1032–1042, 2014.

Zuraida and C. N. Asma, “Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Konsep Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di Smp Negeri 2 Bandar Dua,” Pros. Semin. Nas. Biot. 2018, vol. 5, pp. 804–811, 2018.

H. Komikesari, “Effect size test of 7e learning cycle model: Conceptual understanding and science process skills on senior high school students,” Journal of Physics: Conference Series, vol. 1572, no. 1. 2020.

P. L. Fitriyah, “The improvement of higher order thinking skills through learning cycle 7E on analyzing human excretion,” AIP Conference Proceedings, vol. 2215. 2020.

S. N. Rahmy, “Students’ mathematical communication ability using 7E learning cycle based on students thinking style,” Journal of Physics: Conference Series, vol. 1469, no. 1. 2020.

Williams, J. et all “Promoting pedagogical content knowledge development for early career secondary teachers in science and technology using content representations,” Res. Sci. Technol. Educ., vol. 30(3), pp. 327–343, 2012.

Aydin, et. al., “The nature and development of interaction among components of pedagogical content knowledge in practicum,” Teach. Teach. Educ., vol. 46, pp. 37–50, 2015.

M. E. I. Mustafa, “The Impact of Experiencing 5E Learning Cycle on Developing Science Teachers’ Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK),” Univers. J. Educ. Res., vol. 4, no. 10, pp. 2244–2267, 2016.

S. Kirschner, A. Borowski, H. E. Fischer, J. Gess-Newsome, and C. von Aufschnaiter, “Developing and evaluating a paper-and-pencil test to assess components of physics teachers’ pedagogical content knowledge,” Int. J. Sci. Educ., vol. 38(8), pp. 1343–1372, 2016.

N. Suprapto, “Tiga dekade riset tentang PCK dalam pendidikan sains ( fisika ) dan prospek ke depannya,” vol. 5, no. 1, pp. 15–24, 2019.

D. Puspita, “Pengembangan modul pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi kompetensi dasar membuat presentasi dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram kelas XII berbasis learning cycle di SMA Negeri 2 Nganjuk/ Dian Puspita,” J. Univ. Negeri Malang, 2011.

N. Aminah, I. Wahyuni, and T. Pujiatna, “Mendesain Bahan Ajar Berbasis Literasi Matematika Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pedagogic Content Knowledge ( PCK ) Guru Matematika SMP Kabupaten Cirebon,” Pengamas J. Pengabdi. Kpd.

Masy., vol. 2, no. 2, pp. 87–94, 2019.

A. Eisenkraft, “Expanding the 5E model,” Sci. Teach, vol. 70, p. 56, 2003.

Ardiamto, C. Ertikanto, and I. D. P. Nyeneng, “Pengaruh Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Aneka Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa,” J. Pendidik. Fis. Univ. Muhammadiyah Metro, vol. 7, pp. 28–37, 2019.

D. . Schunk, “Learning Theories An Educational Perspective, Sixth Edition. ed. Pearson Education,” in Pearson Education, Inc, America, 2012.

J. J. Loughran, Understanding and Developing Science Teachers’ Pedagogical Content Knowledge, 2nd Editio. Sense Publishers, 2012.

Z. Arifin, Evaluasi Pembelajaran : Prinsip, Teknik, Prosedur. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2011.

K. S. Rofiah, “Peningkatan Pemahaman Konsep Melalui Metode Timeline (Garis Waktu) Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Kelas V Sd Al-Wathoniyah Bekasi Timur,” vol. VI, pp. 79–89, 2018.

A. Fitriatun and Sukanti, “Analisis Validitas, Reliabilitas, dan Butir Soal Latihan Ujian Nasional Ekonomi Akuntansi di MAN Maguwoharjo,” J. Kaji. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 5, pp. 1–11, 2016.

S. Akbar, “Instrumen Perangkat Pembelajaran,” PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2013.

A. Laharwati, “Pengembangan Pembelajaran Ekosistem Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Sumber Belajar Pantai Elaar Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah, Dan Penguasaan Konsep Siswa SMPNegeri 2 Kei Kecil,” Univ. Negeri Malang, Malang, 2017.

B. Ilmiwan, Masril, and Y. Darvina, “Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Bermuatan Nilai Nilai Karakter dalam Model Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Bukittinggi,” Pillar Phys Educ, vol. 2, pp. 153–160, 2013.

A. . Lawson, “Using the Learning Cycle to Teach Biology Concepts and Reasoning Patterns,” J. Biol. Educ, vol. 35, pp. 165–169, 2001.

M. W. Purwianingsih, N. Y. Rustaman, and M. S. Redjeki, “Pengetahuan Konten Pedagogi (Pck) Dan Urgensinya Dalam Pendidikan Guru,” J. Pengajaran Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, vol. 15, no. 2, p. 87, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v6i1p27-36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dinda Taruna Nagara



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: