Android-Based Tutorial Mobile Development Equipped with Corrective and Constructive Feedback Materials for Data Transmission and Storage

Fatmawati Ramadani, Sulur Sulur, Nugroho Adi Pramono, Budi Nurani, Catur Wigiyati

Abstract


This study aims to develop a mobile tutorial application on data transmission and storage material as a learning medium for high school students. The study employed a research and development approach with a 4D model (Define, Design, Develop, and Disseminate). However, the study was partly carried out using the Develop stage. Based on the results of research and development, the results of the validation of the entire product were obtained with an average score of 3.70 with valid criteria (without revision) and the results of the readability test were 94% with legibility criteria. This shows that the Android-based mobile tutorial equipped with corrective and constructive feedback on data transmission and storage materials for high school students can be used by teachers and students for independent learning.
Keywords:   mobile tutorial,  Android, corrective feedback, constructive feedback, data transmission and storage

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi mobile tutorial pada materi transmisi dan penyimpanan data sebagai media pembelajaran siswa SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) namun hanya dilakukan hingga tapah Develop. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, diperoleh hasil validasi keseluruhan produk dengan skor rata-rata sebesar 3,70 dengan kriteria valid (tanpa revisi) dan diperoleh hasil uji keterbacaan 94% dengan kriteria terbaca. Hal ini menunjukkan bahwa mobile tutorial berbasis android dilengkapi corrective dan constructive feedback pada materi transmisi dan penyimpanan data untuk siswa SMA/MA dapat digunakan oleh guru maupun siswa sebagai media pembelajaran untuk belajar mandiri.


Keywords


mobile tutorial; android; corrective feedback; constructive feedback; transmisi dan penyimpanan data

Full Text:

PDF

References


Gustina, G., Kamaluddin, K., Ali, M., & Syamsuriwal, S, “Analisis Pemahaman Konsep Fisika Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNTAD,” J. Pendidikan Fisika Tadulako., vol. 8, no. 1, hlm. 24-29, 2020.

Fathoni, M. I., & Marpanaji, E, “Pengembangan e-book interaktif mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk SMK kelas X,” J. Inovasi Teknologi Pendidikan., vol. 5, no. 1, hlm. 70–81, 2018.

Pringgo, J, “Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Menerapkan Teknik Elektronika Analog Dan Digital Dasar Pada Siswa Kelas X Tkj Smk Swasta Mandiri,” Doctoral Dissertation, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Negeri Medan, 2019. [Online]. Tersedia: http://digilib.unimed.ac.id/36897/.

F. Avvisati, A. Echazarra, P. Givord dan M. Schwabe, “Programme for International Student Assessment (PISA): Result From PISA 2018,” OECD.org. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf (diakses pada 23 Februari).

Husnaini, I., Asnil, A., & Eliza, F, “Upaya Peningkatan Keterampilan Teknik Digital Siswa SMKN 1 Painan Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Gerbang Logika,” J. Teknik Elektro dan Vokasional (JTEV), Vol. 5, No. 1, hlm. 64-73, 2019.

P. N. Gunawidjaja, S. H. Sutanto, R. Primulando, dan S. Si, “Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan 2018,” hlm. 91.

D. Sulisworo, L. Yunita, dan A. Komalasari, “Which Mobile Learning is More Suitable on Physics Learning in Indonesian High School?,” Int. J. Recent Contrib. Eng. Sci. IT IJES, vol. 5, no. 1, hlm. 97, Mar 2017, doi: 10.3991/ijes.v5i1.6494.

D. Sulisworo dan M. Toifur, “The role of mobile learning on the learning environment shifting at high school in Indonesia,” Int. J. Mob. Learn. Organ., vol. 10, no. 3, hlm. 159, 2016, doi: 10.1504/IJMLO.2016.077864.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik., SURVEY PENGGUNAAN TIK 2017: Serta Implikasinya Terhadap Aspek Sosial Budaya Masyarakat. Jakarta: Pusat Litbang Aptika dan IKP, 2017. [Online]. Tersedia: http://indonesiabaik.id/ebook/survey-penggunaan-tik-2017.

Danusaputra, Nursetya dan Sunarto, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android pada Materi Senyawa Hidrokarbon Sebagai Media Pembelajaran Kimia SMA/MA Kelas X,” Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Yogyakarta, 2015. [Online]. Tersedia: https://core.ac.uk/download/pdf/78030903.pdf.

G. S. Prayoga, I. K. Sudarma, dan I. M. Tegeh, “Pengembangan Multimedia Interaktif Model Tutorial Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Viii Semester Genap Di Smp Negeri 6 Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016,” vol. 5, no. 2, hlm. 10, 2016.

M. Bikanga Ada, “Using design-based research to develop a Mobile Learning Framework for Assessment Feedback,” Res. Pract. Technol. Enhanc. Learn., vol. 13, no. 1, hlm. 3, Apr 2018, doi: 10.1186/s41039-018-0070-3.

Novanti, A., Djudin, T., & Arsyid, S. B, “Pengaruh Pemberian Corrective Feedback Pada Pekerjaan Rumah Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-soal Termodinamika,”J. Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa., vol. 6, no. 4, hlm 1-12, 2016.

R. Zulva, “Hubungan Antara Keterampilan Berpikir Rasional Siswa SMA dengan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Constructive Feedback,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, vol. 5, no. 1, hlm. 61, Apr 2016, doi: 10.24042/jpifalbiruni.v5i1.106.

Dewi, L. N, “Pengembangan modul elektronik berbasis android dengan corrective feedback pada materi gerak melingkar untuk siswa kelas X SMA/MA,” Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Malang, 2019.

Thiagarajan, S, Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana Univ, Bloomington: Indiana University Bloomington, 1974.

E. Aprilia, “Pengembangan media pembelajaran fisika dengan memanfaatkan limbah elektronik,” hlm. 11, 2018.

Dwikoranto, D., Setiani, R., Prahani, B. K., & Mubarok, H, “Mobile learning to improve student collaborative skills: An alternative to online learning in the era of Covid-19 pandemic,” J. Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, Vol. 4, No. 3, hlm. 259-271, 2020.

Dasmo, D., Lestari, A. P., & Alamsyah, M. “Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ispring Suite 9,” in SINASIS (Seminar Nasional Sains), Vol. 1, No. 1, hlm. 99-102, 2020.

R. Fadli dan M. Hakiki, “Validitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Di Sekolah Menengah Kejuruan,” hlm. 7.

Gaol, R. L., & Sitepu, A, “The Influence of Used Good-Based Learning Media on the Value of Chracter Education and Student's Motivation to Study,” Int. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, Vol. , No. 4, hlm. 1696-1703, 2020.

Pardo, A., Jovanovic, J., Dawson, S., Gašević, D., & Mirriahi, N, “Using learning analytics to scale the provision of personalised feedback,” Int. British Journal of Educational Technology, Vol. 50n No. 1, hlm. 128-138, 2019.

Riasti, M. F., Suyatna, A., & Wahyudi, I, “Pengembangan Media Interaktif Model Tutorial pada Materi Impuls dan Momentum,” Int. Pembelajaran Fisika, Vol. 4, No. 1, hlm. 81-91, 2016.

Aminudin, M., Kartono, K., & Masrukan, M, “Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Tutor Feedback,” in PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, Vol. 3, hlm. 402-404, 2020.

Bousmah, M., Labouidya, O., & El Kamoun, N.. MORAVIG, “An Android Agent for the Project Mobile e-Learning Session,” Int. International Journal of Computer Applications, Vol. 113, No. 15, hlm. 12–19, 2015.

Kartikadarma, E., Listyorini, T., & Rahim, R, “An Android mobile RC4 simulation for education,” Int. J. World Trans. Eng. Technol. Educ, Vol. 16, No. 1, hlm. 75-79, 2018.

Yahaya, W. A. J. W., & Zaini, K. M, “The effects of a mobile App with tutorial learning strategy on anxiety level of secondary students,” Int. J. TechTrends, Vol. 64 No. 3, hlm. 525-532, 2020.

Suhartono, “Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Dengan Pembelajaran M-Learning,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Pascasarjana UM, hlm. 322-333, 2016.

Chou, C.-M., Feng Chia University, Taichung, Taiwan, Shen, “T.-C, A Investigate of Influence Factor for Tertiary Students’ M-learning effectiveness: Adjust Industry 4.0 & 12-Year Curriculum of Basic Education,” Int. J. Psychology and Educational Studies, Vol. 6, No. 2, hlm. 66–76, 2019, doi: 10.17220/ijpes.2019.02.007.

Laisema, S, “Development of collaborative blended learning activity on mobile learning to enhance undergraduate students’ collaboration skills,” Int. Veridian E-Journal, Silpakorn University (Humanities, Social Sciences and Arts), Vol. 11, No. 4, hlm. 682-699, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v7i1p1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fatmawati Ramadani



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: