Mengakses Kemampuan Berinkuiri Calon Guru Fisika Melalui Pendekatan Inkuiri Level Demonstrasi Interaktif

Riskan Qadar

Abstract


Abstract

A study to assess the inquiry ability preservice physics teacher on learning of optics (the simple magnifier, microscopes, and telescopes) with inquiry approach of level interactive demonstrations. This research using experimental design and involved 33 preservice physics teacher of five semester as a research subject. Quantitative data was collected using inquiry ability instruments embedded with learning. The study resulted in appropriate characteristics of materials consisted of observation, manipulation, generalization, verification, and applications. The results of quantitative analysis showed inquiry ability of preservice physics teacher had percentace average scores observation 62%,  manipulation 68%, generalization 62%, verification 71%, and the application 86%.

Keywords: assessing, inquiry ability, interactive demonstration level.

 

Abstrak

Penelitian ini mengases kemampuan berinkuiri calon guru fisika pada pembelajaran optika (materi lup, mikroskop, dan teleskop) dengan pendekatan inkuiri level demonstrasi interaktif. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dan melibatkan 33 orang calon guru fisika semester lima sebagai subjek penelitian. Data kuantitaif dikumpulkan menggunakan instrumen kemampuan berinkuiri yang terintegrasi dengan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesesuaian karkteristik materi pada aspek kemampuan berinkuiri yang terdiri dari observasi, manipulasi, generalisasi, verifikasi, dan aplikasi. Hasil analisis data kuantitatif menunjukkan kemampuan berinkuiri calon guru fisika memiliki persentase skor sebesar 62% untuk observasi, 68% untuk manipulasi, 62% untuk generalisasi, 71% untuk verifikasi, dan 86% untuk aplikasi.

Kata Kunci: mengases, kemampuan berinkuiri, level demonstrasi interaktif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.