Corporate Social Responsibilty (CSR), Ideologi dan Keberpihakan di Indonesia: Telaah Teori Kritis Madzhab Frankfurt

Abdul Kodir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah CSR (Corporate Social Responsibility) adalah bentuk kepedulian korporasi atau mempunyai agenda terselubung yang hanya mencari selamat mengenai keberadaanya di lingkungan suatu masyarakat dan juga mengura jejak ideologi. Selain itu penelitian ini hendak menjelaskan bagaimana cara kerja ideologi beroperasi pada CSR. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teori kritis dengan menggunakan metode kritik ideologi atau kritik atas metodologi positivisme dengan menggunakan langkah subversif atau keluar dari common sense dan historis. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terdapat inkonsistensi dalam regulasi di tubuh CSR itu sendiri. Sehingga keberadaan regulasi tersebut menyebabkan multitafsir. Selain itu diperburuk dengan kenyataan program CSR yang hanya bersifat brand image. Disisi lain, CSR membuat masyarakat semakin terbelenggu dan menggantungkan CSR sebagai sebuah alternatif untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. CSR juga menganut ideologi investasi yang mana para pemodal akan terus melaku kepada perusahaan yang melakukan CSR dikarenaka citra positif yang dibangun di masyarakat.

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um021v1i22016p149


Keywords


CSR; Ideologi; Kritik Ideologi; Teori Kritis

Full Text:

PDF

References


Adams, I. (2004). Ideologi Politik Mutakhir. Yogyakarta: Penerbit Qalam

Bierman, F. The emerging debate on the need for a World Environment Organization. Global Environmental Politics, 2001, 1(1).

Doh, P. J & T. R Guay, Corporate social responsibility, public policy, and NGO

activism in Europe and the United States: An institutional-stake-holder

perspective. Journal of Management Studies, 2006, 43(1).

Hardiman, B.F. (2003). Kritik Ideologi Pertautan Pengetahuan dan Kepentingnan. Yogyakarta: Kanisius

Horkheimer, Max dan Theodore W. Adorno. (1973). Dialectic of Enlightment,

translated by John Cumming. London:Allen Lane.

Jepperson, L.R. (1991). Institutions, institutional effects, and institutionalism. In W. W. Powell, & P. J. DiMaggio (Eds.), The new institutionalism in organizational analysis. Chicago: University of Chicago Press

Keck, M.E & K. Sikkink. (1998). Transnational advocacy networks in international politics: introduction In M. E.Keck, & K. Sikkink (Eds.), Activists

beyond borders: Advocacy networks in international politics. Ithaca: Cornell

University Press.

Levy, L. D. Environmental management as political sustainability. Organization and Environment, 1997, 10(2).

Levy, D. L., & Newell, P. (2006). Multinationals in global governance. In SVachani (Ed.), Transformations in global governance: Implications for

multinationals and other stakeholders. London: Edward Elgar.

Morrow, A. Raymond. (1994). Critical Theory and Methodology. Vol 3.

California: Sage Publications.

Morrow, A. Raymond. (1994). Critical Theory and Methodology. Vol 3. California: Sage Publications. Sell, S. K., & Prakash, A. Using ideas

strategically: The contest between business and NGO networks in intellectual property rights. International Studies Quarterly, 2004, 48(1).

Saleh, M. Ridha (2005). Ecocide: Politik Kejahatan Lingkungan Dan Pelanggaran Hak Asasi Manusia. Jakarta: Walhi

Setiawan, Dani & Pius Ginting. (2008).Mempertanyakan Tanggung Jawab

Sosial Perusahaan. Jakarta Selatan: Walhi

Susanto, A.B. Membumikan Gerakan Hijau, Majalah Ozon, Edisi No.5 Februari 2003.

Thompson, B. John. (2000). Analisis Ideologi: Kritik Wacana Ideologi Ideologi Dunia. Yogyakarta. IRCiSoD

Titscher, Stefan, Mayer, Michel, Wodak Ruth & Eva Vetter. (2000). Methods of Text and Discourse Analysis. London: Sage Publication

Utting, P. (2000). Business responsibility for sustainable development. Geneva: United Nations Research Institute for Social Development.

Vogel, D. J. (2005). The market for virtue: the potential and limits of corporate social responsibility, Brookings Institution Press: Washington DC.

Wijanarko, Himawan. Reputasi, Majalah Trust, 4-10 Juli 2005


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Abdul Kodir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:
Sociology Program, Faculty of Social Science, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-101 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 375, 376 (20)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jsph/index
email: jsphum@yahoo.co.id

ISSN 2502-7875 (printed)
ISSN 2527-5879 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.