Pengaruh Penggunaan Berbagai Jenis Material Elektroda Busi Terhadap Performa Mesin Dan Bentuk Nyala Api Pada Mesin Bensin 113 cc

Muhammad Arsad Al Banjari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh performa mesin dan bentuk nyala api dengan berbagai jenis material busi pada motor injeksi 113 cc. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode experimen. Jenis material elektroda busi yang digunakan pada penelitian ini yaitu nikel, iridium, dan tembaga. Penelitian ini membandingkan hasil performa mesin dari ketiga busi tersebut menggunakan dynotest. Putaran mesin yang diamati yaitu pada 3000 RPM - 5000 RPM. Untuk melihat bagaimana bentuk nyala api serta warna yang dipercikan oleh busi digunakan alat yaitu spark plug tester pada kondisi 3000 RPM dan 5000 RPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk nyala api berpengaruh terhadap performa mesin daya dan torsi.Pada 3000 RPM,  ukuran luas percikan api pada busi tembaga yaitu 0,542 mm sedangkan pada busi nikel sebesar 0,762 dan busi iridium 1,137 mm. Pada 5000 RPM, ukuran luas percikan api pada busi tembaga yaitu 0,6 mm sedangkan pada busi nikel sebesar 0,973 dan busi iridium 1,239 mm. Luasan api tersebut berpengaruh pada performa mesin. Pada 3000 RPM performa busi tembaga tidak jauh dengan  busi nikel dan busi iridium. Pada 5000 RPM performa mesin menggunakan busi iridium paling baik sesuai dengan percikan api yang paling luas, selanjutnya busi nikel lalu busi tembaga pada urutan terbawah

Full Text:

PDF

References


Ahmed A. Abdel-Rehim., Impact Of Spark Plug Number Of Ground Eletrodes On Engine Stability. Ain shams engineering journal. (2013) 4, 307-316.

Gatot Setyono dkk. Pengaruh Penggunaan Busi Berelektroda Nikel, Platinum dan iridium Terhadap Performa Motor Bensin

Torak Spark Ignition Engine (SIE) 4 Langkah 1 Silinder. 2013. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XIX.

Grimaldi, C:N:, Poggiani, C., Cimarello, A., De Cesare, M., Osbat, G., An Integrated Simulation Methodology of Thermal

Management Systems for the CO2 Reduction after Engine Cold Start, SAE 2015-01-0343.

Jain, A., Tikar, S., Ramdasi, S., Thipse, S. et al., Design and Development of Variable Valve Actuation (VVA) Mechanism

Concept for Multi-Cylinder Engine, SAE 2015-26-0021.

Lee Y, Boehler J. Flame Kernel Development And Its Effects On Engine Performance With Various Spark Plug Electrode Configurations. SAE technical paper 2005-01-1133; 2005. http://dx.doi.org/10.4271/2005-01-1133.

Shimanokami Y, Matsubara Y, Suzuki T, Matsutani W. Development Of High Ignitability With Small Size Spark Plug. SAE technical paper 2004-01-0987; 2004. http://dx.doi.org/10.4271/2004-01-0987.

S.R. Munshi, C. Nedelcu, J. Harris, T. Edwards, J. Williams, F. Lynch., Hydrogen Blended Natural Gas Operation of a Heavy Duty Turbocharged Lean Burn Spark Ignition Engine, SAE Paper: 2004-01-2956.

Sunyoto , dkk. Teknik Mesin Industri. 2008. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Wagner RM, Andriulli JB, Edwards KD, Theiss TJ, Whealton JH. Lean Limit Extension Through Rotating Arc Spark Plugs

(RASP) And Adaptive Controls. In: 2nd distributed energy peer review, Washington, DC; 2003

Zareei dan Kakaee . Study And The Effects Of Ignition Timing On Gasoline Engine Performance And Emissions. 2013 . European Transport Research Review (ETRR).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um054v5i2p101-112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Arsad Al Banjari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp/index

E-ISSN 2623-1271

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats