PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCAR (SMART CARD AUGMENTED REALITY) BERBASIS ANDROID PADA MATERI SISTEM PENDINGINAN UNTUK SISWA TKR DI SMK PGRI 3 MALANG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akcayir, M. & Akcayir, G. 2016. Advantages and Challenges Associated With Augmented Reality For Education: A Systematic Review of The Literature. Skripsi Diterbitkan. Ankara, Turkey: Faculty of Gazi Education Departemen of Computer Eduacation and Instructional Tech¬nologies.
Godoy Jr., C., H. 2020. Augmented Realiry for Education: A Review. International Jurnal of Innovative Science and Research Technlogy, 5(6), 39-45.
Hamid, F. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Adobe Flash Air Berbasis Android Pada Materi Sistem Starter Untuk Siswa TKR Kelas X1 Di SMK Negeri 1 Nglegok. Malang: UM
Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, J., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Harahap, A., Sucipto, A., & Jupriyadi, J. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality (Ar) Pada Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Elektronika Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi, 1(1), 20-25. Dari http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/teknologiinformasi/article/view/266
Harta, G., W., Wahyuni, D., S. & Santyadiputra, G., S. 2021. Kepraktisan Media Pembelajaran Augmented Reality Mata Pelajaran Sablon Untuk SMK. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(2), 182-192.
Mukhadis, A. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif Bidang Pendidikan dan Contoh Aplikasinya. Malang: Aditya Media Publishing
Mukhadis, A. 2017. Kiat Menulis Karya Ilmiah. Malang: Aditya Media Publishing
Mukhadis, A. 2018. Pendekatan Kuantilatif dalam Penelitian Pendidikan. Malang: Media Nusa Creative.
Nastiti, F., E. & ‘Abdu A., R., N. 2020. Kesiapan Pendidikan Indonesia Meng-hadapi Era Society 5.0. Jurnal Kajian Pendidikan, 5(1), 61-66.
OECD. 2019. PISA 2018 Result. In OECD Publishing. Diakses pada Kamis, 07 Oktober 2021 pukul 07.00 melalui http://www.oecd.org/pisa/publications/
Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., Purba, L. I. B., Chamidah, D., Jamaludin, F. J. K. & Iskandar, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Pamoedji, A.K., Maryuni, & Sanjaya R. 2017. Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Unity 3D. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Suhartono. 2019. Handphone Sebagai Media Pembelajaran. Jakarta: Indocamp.
Wahyudi, U., Wibawanto, H., & Hardyanto, W. 2017. Pengembangan Media Edukatif Berbasis Augmented Reality Untuk Desain Interior dan Eksterior. Innovative Journal of Curiculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 98-107
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v6i22022p69-80
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran
ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.