INOVASI PEMBELAJARAN MUTAKHIR DENGAN MIND MAPPING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI EXPERT DAN AKSELERASI POLA PIKIR MAHASISWA

Andika Bagus Nur Rahma Putra, Amat Mukhadis, Partono Partono, Imam Muda Nauri, Eko Edi Purwanto, Agus Sholah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap dan mendeskripsikan konsep dan/atau subkonsep matakuliah termodinamika teknik yang dianggap sulit dan sukar untuk dipahami, serta faktor-faktor penyebab rendahnya kompetensi dan pola pikir mahasiswa pada matakuliah ter­modinamika teknik. Rancangan penelitian dengan mix me­­thod dengan langkah: kajian awal dengan memetakan pemahaman siswa melalui tes pemahaman dan faktor penyebab miskonsepsi melalui survei, studi dokumentasi dan wa­wan­cara mendalam di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian me­nunjukkan bahwa: 1) materi pada termodinamika teknik yang dianggap mahasiswa sulit dikerjakan meliputi transfer energi, proses adiabatik, entropy system, carnot cycle and otto cycle, die­sel cycle and brayton cycle, dan combustion system and internally-externally reversible processes; 2) dua faktor utama penyebab rendahnya kompetensi dan pola pikir mahasiswa meliputi Lemahnya Tingkat kemampuan menganalisis soal perhitungan dan Terbatasnya Ketersediaan media pendukung belajar; dan 3) bahwa sangat efektif pem­bel­­ajaran berpendekatan peta pikiran (mind mapping) sebagai alter­natif me­me­cah­kan masalah rendahnya kompetensi dan pola pikir mahasiswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.