INOVASI PEMBELAJARAN MUTAKHIR DENGAN MIND MAPPING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI EXPERT DAN AKSELERASI POLA PIKIR MAHASISWA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap dan mendeskripsikan konsep dan/atau subkonsep matakuliah termodinamika teknik yang dianggap sulit dan sukar untuk dipahami, serta faktor-faktor penyebab rendahnya kompetensi dan pola pikir mahasiswa pada matakuliah termodinamika teknik. Rancangan penelitian dengan mix method dengan langkah: kajian awal dengan memetakan pemahaman siswa melalui tes pemahaman dan faktor penyebab miskonsepsi melalui survei, studi dokumentasi dan wawancara mendalam di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) materi pada termodinamika teknik yang dianggap mahasiswa sulit dikerjakan meliputi transfer energi, proses adiabatik, entropy system, carnot cycle and otto cycle, diesel cycle and brayton cycle, dan combustion system and internally-externally reversible processes; 2) dua faktor utama penyebab rendahnya kompetensi dan pola pikir mahasiswa meliputi Lemahnya Tingkat kemampuan menganalisis soal perhitungan dan Terbatasnya Ketersediaan media pendukung belajar; dan 3) bahwa sangat efektif pembelajaran berpendekatan peta pikiran (mind mapping) sebagai alternatif memecahkan masalah rendahnya kompetensi dan pola pikir mahasiswa.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v2i12018p8-15
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran
ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.