PENGEMBANGAN MODUL SISTEM PENGISIAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM STARTER DAN PENGISIAN DI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NASIONAL MALANG

Ranu Muhammad Saleh, Mardji Mardji, Imam Muda Nauri

Abstract


Berdasarkan hasil observasi di SMK Nasional Malang diketemukan permasalahan dalam proses pembelajaran sistem pengisian bahan ajar yang digunakan terbatas pada LKS dan power point, sehingga siswa kurang memiliki bahan ajar secara mandiri. Berdasar permasalahan tersebut, mengembangkan bahan ajar berupa modul merupakan sebuah solusi yang diperlukan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan model pengembangan Sugiyono yang terdiri dari 10 langkah. Langkah-langkah tersebut meliputi: potensi dan masalah, pengumpuan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba produk, revisi produk dan produk siap digunakan. Hasil penelitian menghasilkan modul Sistem Pengisian dengan kriteria kelayakan sebagai berikut: validasi ahli media menunjukan rata-rata persentase tingkat kelayakan modul sebesar 95,24% (valid), validasi ahli materi menunjukan rata-rata persentase tingkat kelayakan modul sebesar 86,76% (valid), hasil uji coba skala kecil menunjukan rata-rata persentase tingkat kelayakan modul sebesar 85,47% (valid) dan hasil ujicoba skala besar menunjukan rata-rata persentase tingkat kelayakan modul sebesar 82,98% (valid). Berdasar data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa produk modul Sistem Pengisian dikatakan layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada kompetensi memelihara sistem pengisian oleh siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Nasional Malang.


Full Text:

PDF

References


Andriani, Dessy. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XA SMAN 1 SIAK Hulu Kabupaten Kampar Tahun Ajaran 2009/2010. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.

______________. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

______________. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Badab Pusat Statistik. Agustus 2016: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Sebessar 5,61 Persen. (Online), https://www.bps.go.id/brs/view/1230), diakses 16 April 2017.

Caturagusriyanto. Inkuiri Terbimbig. (Online), (http://zifararaca.blogspot.com/2012/07/inkuiri-terbimbing.html), diakses 16 April 2017.

Depdiknas. 2008a. Panduan pengembangan bahan ajar. Dirjen Dikdasmen Direktorat Pembinaan SMA.

E. Mulyasa. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Jari Bandel. Langkah-langkah Penelitian Dan Pengembangan R n D. (online), (https://www.blogger.com/profile/03992635821127816002), diakses 14 Februari 2017.

Kadek Sukiyasa, Sukoco. 2013. Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 1.

Kantun, Sri. _______. Hakikat dan Prosedur Penelitian Pengembangan. Jember: FKIP UNEJ.

Mulyasa, 2004. Managemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Pers.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.

Setyosari P. & Effendi, M. (1991). Pengajaran Modul. Malang: IKIP Malang-Proyek Operasi dan Perawatan Fasilitas.

Suardana, I Nyoman. 2014. Analisis Relevansi Budaya Lokal Dengan Materi Kimia SMA Untuk Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Budaya. Jurnal, Vol. 3 No. 1, April 2014

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparman, M. Atwi. 2012. Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan Desain Instruksional modern. Jakarta: Erlangga.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Tangkas. 2012. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains siswa kelas X SMAN 3 Amlapura. Tesis. Program Studi Pendidikan Sains, Tesis. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Amlapura.

Widayanti, Veny. 2014. Pengaruh Peran Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Alat Ukur. Jurnal, Vol. 4 No. 2, Nopember 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v2i12018p42-48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats