PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR ANTARA MAHASISWA BIDIKMISI DENGAN MAHASISWA NON BIDIKMISI PRODI S1 PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF, FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Rohman Taufik, Partono Partono, Eko Edi Poerwanto

Abstract


Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif komparatif untuk membandingkan motiva­si belajar dan prestasi belajar antara mahasiswa bidikmisi dengan mahasiswa non bidikmisi pada Pro­gram Studi Pendidikan Teknik Otomotif. Sampel penelitian ini berjumlah 154 mahasiswa yang terdiri dari 77 mahasiswa bidikmisi dan 77 mahasiswa non bidikmisi dengan metode Proporsional Random Sampling. Pengambilan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan uji analisis deskriptif, uji One Way Anova dan uji t dengan bantuan SPSS 17.0 For Windows.Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Tidak ada perbedaan prestasi belajar yang signif­ikan antara mahasiswa bidikmisi angkatan 2013, angkatan 2014, angkatan 2015 dan angkatan 2016; (2) Tidak ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara mahasiswa non bidikmisi angkatan 2013, angkatan 2014, angkatan 2015 dan angkatan 2016; (3) Ada perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara mahasiswa bidikmisi angkatan 2013, angkatan 2014, angkatan 2015 dan angkatan 2016; (4) Ada perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara mahasiswa non bidikmisi angkatan 2013, angkatan 2014, angkatan 2015 dan angkatan 2016; (5) Ada perbedaan prestasi belajar yang sig­nifikan antara mahasiswa bidikmisi dengan mahasiswa non bidikmisi; (6) Ada perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara mahasiswa bidikmisi dengan mahasiswa non bidikmisi.

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Ban-dung: Alfabeta.

Azhim, Fauzil, Hasan Maksum, and Donny Fernandez. "Perbedaan Motivasi Belajar dan Indeks Prestasi Mahasiswa Ft–Unp Terhadap Pemberian Beasiswa Bidikmisi." Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif–Automotive Engineering Education Journals 3.1 (2015).

Mahmudah. "Perbandingan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Penerima Beasiswa Bidikmisi Dengan Non Penerima Beasiswa Bidikmisi." (2016).

Rachmawaty, Dede Tiara. "Pengaruh beasiswa Bidi¬kmisi terhadap prestasi belajar mahasiswa peneri¬ma beasiswa Bidikmisi di UIN Syarif Hidayatul¬lah Jakarta." (2016).

Suryadi Suryabrata. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakar¬ta: PT Raja Grafindo Persada.

Online, (http://tesispendidikan.com/pengertian–pergu-ruan–tinggi–menurut–para–ahli/), diakses 1 maret 2017.

–––––––, 2003. Undang–undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Online), (http://usu.ac.id/public/content/files/sisdiknas.pdf), diakses 23 Maret 2017.

–––––––, 1999. Peraturan Pemerintah No.60 tahun 1999 tentang Pendidikan .




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v2i12018p54-60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats