Pemetaan sebaran dan deskripsi potensi obyek Wisata Umbul di Kabupaten Klaten

Kunthum Ria Anggraheny, Nevy Farista Aristin, Norma Yuni Kartika

Abstract


 

Pariwisata merupakan sektor penting dalam peningkatan perekonomian suatu daerah. Kabupaten Klaten terkenal dengan sebutan Kabupaten 1001 umbul, yang mana obyek wisata umbul tersebar di 26 kecamatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sebaran dan potensi obyek wisata umbul di Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan menggunakan analisis keruangan yaitu GIS dan analisis skoring dan klasifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa persebaran obyek wisata umbul di Kabupaten Klaten tersebar di tujuh kecamatan, yang membentuk satu garis lurus dan masih dalam satu jaringan akuifer. Potensi internal yang tinggi dimiliki oleh beberapa umbul yaitu Umbul Brintik, Susuhan, Pelem, dan Ponggok, sedangkan faktor eksternal yang tinggi dimiliki oleh Umbul Susuhan, Ponggok, dan Pelem. Potensi gabungan faktor internal dan eksternal dengan nilai tinggi ini dimiliki oleh Umbul Brintik, Susuhan, Pelem, dan Ponggok, sedangkan Umbul Gedaren dan Jolotundo masih berpotensi sedang. Umbul Gedaren dan Jolotundo masih perlu ditingkatkan tiap unsur yang ada di faktor internal dan eksternal sehingga kedua obyek wisata ini dapat berkembang secara optimal. Potensi obyek wisata umbul ini apabila dikembangkan secara optimal nantinya dapat bermanfaat bagi masyrakat yang ada di sekitar wisata tersebut yang nantinya dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um022v5i22020p79


Keywords


Sebaran; Potensi; Wisata; Umbul

Full Text:

PDF

References


Abdulhaji, S., & Yusuf, I. H. (2016). Pengaruh Atraksi, Aksesibilitas, dan Fasilitas Terhadap Citra Objek Wisata Danau Tolire Besar Di Kota Ternate. Jurnal Penelitian Humano, 134-148.

Aristin, N. F., Budijanto, Taryana, D., & Ruja, I. N. (2019). 3D Map of Dry Land Use Based Aerial Image as Learning Media in Era of Education 4.0. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 171-179.

Datukramat, H. P., Veronika-Kumurur, & Sela, R. L. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Tidak Terkelolanya Objek Wisata Pnatai Batu Pinagut Bolaang Mongondow Utara. Spasial: Perencanaan Wilayah Dan Kota, 4(1).

Dowling, R., & Fennell, D. (2010). The Context of Tourism Policy and Planning. CAB International Journal, 1-20.

Farid, S., Wahidiyat, A., Andayani, D. D., Harifuddin, & Salam, R. (2017). Pengembangan Daya Tarik Wisata Melalui Perancangan Peta Wisata Pantai Berbasis Google SketchUp. Jurnal Pekommas, 185-192.

Gromang, F. (2005). Tuntutan Keselamatan dan Keamanan Wisatawan. Jakarta: Pradnya Paramita.

Pitana, I. G. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: ANDI.

Prasetyo, A. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wisatwan Dalam Berkunjung Ke Obyek Wisata Gajah Mungkur Wonogiri. Surakarta: Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Prihandoko, A. (2008). Potensi Obyek Wisata Alam Di Kabupaten Semarang. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Setiawan, R. I. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Bidang Pariwisata: Perspektif Potensi Wisata Daerah Berkembang. Jurnal Penataran, 1(1).

Silalahi, B. (2000). Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen LPMI.

Soekidjo. (1994). Pengembangan Potensi Wilayah. Bandung: Gramedia.

Sujali. (1989). Geografi Pariwisata dan Kepariwisataan. Yogyakarta: BPFG UGM.

Susanti, I. U. (2005). Tinjauan Geografis Terhaadap Upaya Pengembangan Kawasan Obyek Wisata Goa Lawa Di Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga. Semarang: Skripsi Unnes.

Wiseza, F. C. (2017). Faktor-Faktor Yang Mendukung Pengembangan Obyek Wisata Bukit Khayangan Di Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi. Nur El-Islam, 4(1), 89-106.

Wolah, F. F. (2016). Peranan Promosi Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Kabupaten Poso. Acta Diurna, 5(2).

Yoeti, O. (1998). Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Penerbit Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments




Copyright (c) 2020 Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS



Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-102 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 376 (19)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/index
email: jtp2ips.journal@um.ac.id 


JTP2IPS INDEXED BY:

 

ISSN 2503-5347
ISSN 2503-1201


 Creative Commons License

JTP2IPS is under licensed by CC BY 4.0.