Pendekatan Heutagogi: Sebuah alternatif dalam pembelajaran IPS pada masa pandemi Covid-19

Danan Tricahyono

Abstract


Abstrak

Pembelajaran IPS memiliki orientasi menjadikan peserta didik sebagai aktor sosial yang memiliki kecerdasan sosial. Penulisan artikel ini memiliki tujuan untuk memberikan gagasan pada pembelajaran IPS di masa pandemi dengan pendekatan heutagogi. Penelitian ini menggunakan kajian pustaka. Peneliti menganalisis dan membandingkan berbagai buku dan artikel yang memiliki relevansi dengan topik bahasan. Hasil analisis dan perbandingan kemudian direfleksikan dalam tulisan ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan heutagogi merupakan pendekatan pembelajaran untuk menyempurnakan pendekatan pedagogi dan andragogi. Pendekatan heutagogi memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk mendesain pembelajarannya. Pendekatan heutagogi selaras dengan pembelajaran IPS yang fokus pada pembentukan karakter peserta didik sebagai pelajar sepanjang hayat. Mengingat artikel ini sebatas pada kajian pustaka maka direkomendasikan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut dengan studi kualitatif dan kuantitatif guna melihat seberapa besar pengaruh dari pendekatan heutagogi dalam pembelajaran IPS.

Keywords: heutagogi; IPS; Covid-19

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um022v6i22021p92


Keywords


heutagogy; IPS; covid-19

Full Text:

PDF

References


Agung, I. G. . (1992). Metode Penelitian Sosial (Pengertian dan Pemakaian Praktis). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Akob, B., & Wibowo, G. A. (2015). Pembelajaran Multikultural Pada Siswa SMP Sebagai Upayaa Meningkatkan Nasionalisme. Seuneubok Lada, 2(1), 34–52.

Barth, J. . (1990). Methods of Instruction in Social Science Education. New York: University Press of America.

Bashori, K. (2020). HEUTAGOGI. Retrieved August 31, 2021, from https://mediaindonesia.com/opini/309932/heutagogi Mei 2020

Birsyada, M. I. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan IPS (Suatu Pendekatan Teoritis dan Praktis). Yogyakarta: Ombak.

Blaschke Lisa Marie. (2012). Heutagogy and Lifelong Learning: A Review of Heutagogical Practice and Self Determined Learning. International Review of Research in Open and Distance Learning, 13(1), 56–71.

Fajriyah, I., & Itaqullah, V. B. P. (2021). Analisis Pembelajaran IPS Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 2 Tarik Sidoarjo. Artefak, 8(2).

Febiani, M., & Nisa, A. N. S. (2021). Analisis Aktivitas Pembelajaran IPS Berbasis Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Peserta Didik Smp Di Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Harmony, 6(1), 72–79. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony/article/view/41826

Hiryanto. (2017). Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi Serta Implikasinya Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan, 22(1), 65–71.

Indriati, E. (2005). Menulis Karya Ilmiah: Artikel, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kamrozzaman, N. A., Badusah, J., & Wan Mohammad, W. M. R. (2019). Heutagogy Approach : Effectiveness of M-Learning For Lifelong Learning Education. Sains Humanika, 11(3), 53–61. https://doi.org/10.11113/sh.v11n3.1496

Kemedikbud. (2017). Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Khoeriyah, M. (2019). Heutagogy in the Course of Pesantren Education (Case Study At Pesantren Salaf Al-Luqmaniyyah). International Journal on Islamic Educational Research, 3(1), 66–79. https://doi.org/10.14421/skijier.2019.2019.31.07

Nurfidia, A. (2016). Menumbuhkan Sikap Empati Siswa Dengan Menggunakan Metode Role Model Dalam Pembelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP 44 Bandung di Kelas VII A). International Journal Pdagogy of Social Studies, 1(1), 1–18.

Ridha, M. (2018). Heutagogi dan Arah Pendidikan 4.0 Kita. Retrieved August 17, 2021, from https://geotimes.id/opini/heutagogi-dan-arah-pendidikan-4-0-kita/

Riyadi, S. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Metakognisi Untuk Peningkatan Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Yogyakarta: Depublish.

Riyani, M. (2015). Pendidikan IPS Sebagai Katalisator Dalam Transformasi Pendidikan Di Indonesia (Penerapan Paradigma Sosialis pada IPS Sebagai Counter Attack Terhadap Kecenderungan Paradigma Materialisme). Ilmu Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Kependidikan, 2(1), 1–15.

Safitri, M. (2019). Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran IPS.

Sani, A. S., Turnip, S. S., Fausiah, F., Jagadhita, D. A., & Farassania, G. (2020). Gambaran Kondisi Psikologis Siswa di Indonesia pada Masa Pandemi COVID-19: Analisis Berdasarkan Cara Pembelajaran dan Jenjang Pendidikan. In Ikatan Psikolog Klinis Indonesia. Retrieved from https://ipkindonesia.or.id/media/2020/12/Gambaran-Kondisi-Psikologis-Siswa-di-Masa-Pandemi-15Des2020.pdf

Sulistya, R. (2019). Heutagogi Sebagai Pendekatan Pelatihan Bagi Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(2), 127. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i2.1222

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Prodi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-102 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 376 (19)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/index
email: jtp2ips.journal@um.ac.id 


JTP2IPS INDEXED BY:

 

e-ISSN 2503-5347
ISSN 2503-1201

Statcounter

 Creative Commons License

JTP2IPS is under licensed by CC BY 4.0