PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIl BELAJAR IPS

wijayanti lidia

Abstract


Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan pembelajaran talking stick. Rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest-Only Control Group design. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 348 siswa. Teknik pengambilan sampling menggunakan cluster Random Sampling. Penelitian ini menggunakan Sampel dua kelas. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan Uji Independent Sample Ttest dengan menggunakan bantuan SPSS 21.0. Hasil analisis data uji regresi sederhana yaitu thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 1 Karangrejo ditunjukkan dengan perolehan thitung4,448> ttabel 2,042. Hasil analisis data uji independent sample t test yaitu thitung> ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada perbedaan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 1 Karangrejo ditunjukkan dari perolehan thitung2,363>ttabel1,990.


Keywords


Pembelajaran Kooperatif, Talking Stick, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Undang-undang Republik Indonesia No.20 tahun 2003 Tentang SISDIKNAS

Trianto. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Kencana Predana Media Grup

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogjakarta : Pustaka Belajar

Fathurrohman,Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media

Huda, Miftakul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogjakarta: Pustaka Belajar

Kurniasih. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Yogjakarta: Kata Pena

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model Media dan Strategi Pembelajaran Kontektual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya

Kadek, Rai Puspitawangi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa.e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, (Online) Vol: 4 No:1 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/.../4747diakses pada tanggal 18 November 2017

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Baharuddin dan Wahyuni. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Fraenkel. 2012. How to Design and Evaluate Research In Education Eighth Edition. Mc Graw Hill Companies

Margono.2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Arikunto,Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Janayanti, Ni Made Firma. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, ( Online), Vol: 5 No: 2, https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/10719/6822diakses pada 18 November 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS



Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Universitas Negeri Malang, under management of Social Studies Program, Faculty of Social Science.
Semarang St. No. 5 Building I3-102 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 376 (19)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/index
email: jtp2ips.journal@um.ac.id 


JTP2IPS INDEXED BY:

 

ISSN 2503-5347
ISSN 2503-1201


 Creative Commons License

JTP2IPS is under licensed by CC BY SA 4.0.