INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIEF CANDI PENATARAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENUMBUHKAN KESADARAN BUDAYA

Achmad Pandu Septiawan, Leo Agung, Djono Djono

Abstract


Kebudayaan adalah jati diri bangsa untuk membangun kejayaan peradaban dalam sebuah negeri. Melalui kebudayaan generasi muda diharapkan untuk mampu menghargai harkat dan martabat bangsa serta mengetahui perjalanan sejarah yang telah dilewati oleh negeri ini. Namun dalam kenyataanya kesadaran budaya dari para generasi muda sudah mulai tergerus arus globalisasi, hal ini membuat kebudayaan di dalam negeri mulai menurun daya tariknya. Fenomena kesadaran budaya yang mulai menurun saat ini disebabkan oleh kurangnya penanaman pendidikan karakter di dalam sistem pendidikan Indonesia. Pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah diperlukan untuk menguatkan jati diri bangsa melalui kebudayaan untuk menghadapi dampak negatif dari arus globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Memasukkan nilai-nilai yang ada pada relief candi penataran dalam pembelajaran sejarah. 2) Menumbuhkan kesadaran budaya melalui nilai-nilai relief candi Penataran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Relief-relief yang terdapat di candi Penataran antara lain mengisahkan cerita tentang Sri Tanjung, Sang Setyawan, Bubuksah Gagangaking, Ramayana, Kresnayana dan hewan-hewan atau fabel. Dalam relief tersebut sarat akan kandungan nilai religius, jujur, tolerasi, kerja keras dan tanggung jawab yang dapat dimasukan ke dalam pembelajaran sejarah untuk menambah pengetahuan generasi muda tentang warisan kebudayaan dari para leluhur di masa lalu. Upaya dalam menumbuhkan kesadaran budaya generasi muda adalah: 1) Pengetahuan akan adanya berbagai kebudayaan suku bangsa yang masing-masing mempunyai jati diri beserta keunggulan-keunggulanya, 2) Sikap terbuka untuk menghargai dan berusaha memahami kebudayaan suku-suku bangsa di luar suku bangsanya sendiri, 3) Pengetahuan akan adanya riwayat perkembangan budaya di berbagai tahap masa silam, 4) Pengertian di samping merawat dan mengembangkan unsur-unsur warisan budaya, kita sebagai bangsa Indonesia yang bersatu juga sedang mengembangkan sebuah kebudayaan baru, yaitu kebudayaan nasional.

Keywords


Pembelajaran Sejarah, Candi Penataran, Kesadaran Budaya

Full Text:

PDF

References


Ismail, Cakir. 2006. Developing Cultural Awareness In Foreign Language Teaching. Kirikkale University. Turkey

Kieven, Lydia. 2014. Menelusuri Figur Bertopi Dalam Relief Candi Zaman

Majapahit: Pandangan Baru terhadap Fungsi Religius Candi-Candi

Periode Jawa Timur Abad ke-14 dan ke-15. KPG. Jakarta

Muhaimin. 1996. Strategi Belajar Mengajar Citra Media. Surabaya

Munandar, Agus Aris. 2012. Proxemic Relief Candi-Candi Abad Ke-8-10. WWS.

Jakarta.

Nasir, Ridlwan. 2010. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal. Pustaka

Agung. Yogyakarta.

Peraturan Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Satuan

Pendidikan Dasar dan Menengah

Sari, Ika Dwi Retno. 2013. Visualisasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Relief Cerita Hewan Di Candi Sojiwan. Berkala Arkeologi. Vol. 33 Edisi No. 2/ November.

Setyawati, Edi. 2012. Budaya Indonesia: Kajian Arkeologi, Seni dan Sejarah. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Suwardono. 2013. Sejarah Indonesia Masa Hindu Budha. Ombak. Yogyakarta

Thompkis, Donald., Galbraith Diane., Thompkins, Patricia. 2006. Universalisme, Particularism, and Cultural Self-Awareness: a comparsion of American and Turkhish university student. Journal of Internasional Business and Culture Studies. P 1-8

Warto. 2017. Disampaikan dalam acara Diskusi Sejarah dengan tema “Internali-

sasi Nilai-Nilai Sejarah sebagai Upaya Meningkatkan Rasa Nasionalisme dan Sadar Sejarah kepada Generasi Muda”, pada Rabu 20 September 2017 di FIS UNY Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS



Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Universitas Negeri Malang, under management of Social Studies Program, Faculty of Social Science.
Semarang St. No. 5 Building I3-102 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 376 (19)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/index
email: jtp2ips.journal@um.ac.id 


JTP2IPS INDEXED BY:

 

ISSN 2503-5347
ISSN 2503-1201


 Creative Commons License

JTP2IPS is under licensed by CC BY SA 4.0.