Market Basket Analysis for finding customer behaviour based on data transaction

Fachrul Kurniawan, Binti Umayah, Jeehad Hammad

Abstract


Data transaksi merupakan sekumpulan data hasil pencatatan yang berhubungan dengan kegiatan transaksi jual beli pada sebuah perusahaan.Pada tahun terakhir ini, data transaksi sudah banyak digunakan sebagai bahan penelitian dengan tujuan untuk mendapatkan informasi baru.Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan pembuatan aplikasi yang dapat digunakan untuk menganalisis data transaksi yang ada.Aplikasi tersebut adalah aplikasi yang bersifat market basket analysis.Aplikasi dibangun dengan berbasis desktop, yang didalamnya mampu mengolah serta melakukan pendataan ulang data transaksi yang ada.Metodologi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah dengan mengikuti tahapan-tahapan yang ada pada teknik data mining.Hasil yang diperoleh dari uji coba yang dilakukan bahwa pembangunan dan penerapan aplikasi market basket analysis dengan metode assocition rule menggunakan algoritma apriori dapat berjalan dengan baik. Dengan rata-rata nilai confidence yang diperoleh sebesar 46.69% dan nilai support sebesar 1.78% dan rule yang dihasilkan sebanyak 30 rule.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v1i12017p19-20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Knowledge Engineering and Data Science



Flag CounterCreative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.