Pelatihan Keterampilan Menganyam untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Senirupa bagi Guru Sekolah Dasar

A. Badawi, Sumanto Sumanto, Murtiningsih Murtiningsih

Abstract


This art and culture training and workshop aims to practice the skills: (1) making woven from asturo paper to improve the quality of visual art learning in elementary schools. Training methods by providing individual practice guidance to weaving skills directly to 24 elementary school teachers. Outcomes (1) Non-physical for elementary school teachers in Ngantang sub-district are very interested in getting art-crafted training, and are willing to disseminate knowledge and skills to other teachers in their assignments. (2) individual trainees are skilled at making (a) woven fish, flying birds, stars, baskets (baskets), and woven ribbons in the shape of frames.

 

Pelatihan seni budaya dan prakarya ini bertujuan melatih keterampilan: (1) membuat anyaman dari kertas asturo untuk meningkatkan kualitas pembelajaran senirupa di SD. Metode pelatihan dengan memberikan bimbingan praktek individu keterampilan menganyam secara langsung kepada 24 guru SD. Hasil (1) non-fisik bagi guru-guru SD di kecamatan Ngantang sangat berminat mendapat pelatihan senirupa-prakarya, dan bersedia untuk menyebarluaskan  pengetahuan dan keterampilan kepada guru lain di tempat tugasnya. (2) peserta pelatihan secara individu terampil membuat (a) anyaman bentuk ikan, burung terbang, bintang, keranjang (besek), dan anyaman pita bentuk pigura.


Keywords


skills in making webbing; asturo paper; elementary School teacher; keterampilan membuat anyaman; kertas asturo; guru SD

Full Text:

PDF

References


Hidayah, Nur. (1988). Perilaku Bermasalah Anak Usia SD, Jurnal Sekolah Dasar. Malang: PGSD FIP UM.

Jazuli, M. (2008). Paradikma Kontekstual Pendidikan Seni. Surabaya: Unesa Press.

Munandar, SC. Utami. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan (Strategi Mewujudkan Potensi dan Bakat). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Pamadhi, Hajar, dkk. (2008). Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Penerbit UT.

Sumanto. (2014). Pendidikan Senirupa di SD. Malang: Percetakan Rosindo.

Sumanto. (2006). Pengembangan Sumber Belajar Pendidikan Seni Rupa SD/MI. Jurnal Sekolah Dasar Th.15 No.2 . Malang: PGSD FIP UM.

Sumanto. (2017). Ragam Teknik dan Bahan Kerajinan Tangan sebagai Sumber Belajar Seni Budaya dan Prakarya Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar tahun 26. Nomor 1, Mei 2017, hal.37. Malang: Jurusam KSDP FIP UM.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v2i3p122-134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat



View My Stats