Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Melalui Pendekatan Clinical Coaching bagi Guru Madrasah Inklusi

Desi Eri Kusumaningrum, Raden Bambang Sumarsono, Imam Gunawan

Abstract


The purpose of community service is so that the teachers at MIT Ar Roihan Lawang can make scientific articles and publish them. The target audience of this activity includes all the teachers at MIT Ar Roihan Lawang, amounting to 100 people. This activity involved the Community Service Team consisting of 3 lecturers and several students as resource persons and assistants. The method of implementation is the classical approach and individual approach. The classical mentoring activities of writing scientific papers were successful. An understanding of the concept of scientific works, writing scientific papers, as well as searches of internationally reputed journals has increased significantly. Based on the results of the evaluation, it can be concluded that this service activity was successful in achieving its objectives. The results of devotion activities that can be obtained is an increase in understanding related to the concept of scientific work, writing scientific papers, and journals that contain scientific work by the teacher.

 

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu agar para guru di MIT Ar Roihan Lawang dapat membuat artikel ilmiah dan mempublikasikannya. Khalayak sasaran kegiatan ini meliputi seluruh guru di MIT Ar Roihan Lawang yang berjumlah 100 orang. Kegiatan ini melibatkan Tim Pengabdian Kepada Masyarakat yang terdiri dari 3 orang dosen dan beberapa mahasiswa sebagai narasumber dan pendamping. Metode pelaksanaan yaitu pendekatan klasikal dan pendekatan individual. Kegiatan pendampingan klasikal penulisan karya ilmiah berjalan dengan sukses. Pemahaman tentang konsep karya ilmiah, penulisan karya ilmiah, serta penelusuran jurnal bereputasi internasional mengalami kenaikan signifikan. Berdasarkan hasil evaluasi, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian ini berhasil dalam mencapai tujuan. Hasil dari kegiatan pengabdian yang bisa diperoleh yaitu terjadi peningkatan pemahaman terkait konsep karya ilmiah, penulisan karya ilmiah, serta jurnal yang memuat karya ilmiah oleh guru.


Keywords


Mentoring activities; scientific work; clinical coaching; Kegiatan pendampingan; karya ilmiah

Full Text:

PDF

References


Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru). Kementerian Pendidikan Nasional Derektorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Jakarta 2010.

Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) (Buku 1), Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendiknas, Jakarta 2011.

Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) (Buku 4), Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendiknas, Jakarta 2011.

Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) (Buku 5), Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendiknas, Jakarta 2011.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendiknas, Jakarta 2011.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Kemendiknas,

Peraturan Pemerintah RI Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru (Lembaran Negera RI Tahun 2008 Nomor 194).

Rugaiyah. (2012). Pengembangan Komptensi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Artikel dalam Prosiding International Conference Educational Management, Administration and Leadership. Malang: Jurusan Administrasi Pendidikan.

Sagala, S. (2009). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Skill and Education for Sustainable Developmen. Paris: Division for the Promotion of Quality Education Sector 7.

Sonhadji, A. (2013). Manusia, Teknologi, dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang (UM Press).

Surya, M. (2007). Mendidik Guru Berkualitas untuk Pendidikan Berkualitas. Makalah Disampaikan pada Orasi Ilmiah dalam Dies Natalis ke-45 Universitas PGRI Yogyakarta 12 Desember 2007.

Unesco. (2005). Contributing to More Sustainable Future: Quality Education, Life.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v3i1p23-31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat



View My Stats