Pengembangan Stimulasi Motorik Kasar sebagai Metode Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Bagi Guru-Guru di TPA/KB

Wuri Astuti, Munaisra Tri Tirtaningsih, Farah Adiba Nailul Muna, Sri Indah Perwitasari, Resita Galuh Purnomo

Abstract


The gross motor training program is aimed at TPA/KB teachers in Kedungkandang District Malang. This training was given because there was still a lack of TPA/KB teachers who had insights on how to stimulate the physical aspects of gross motor skills in accordance with the stages of child development and interesting design activities. The method used in the training is using discussion lecture methods and problems solving. Discussion and problem solving methods are used for delivered about the characteristics of early childhood gross motor development, the delivery of material about the gross motor stimulation program, the delivery of material concerning the development of play activities based on gross motor stimulation programs for children aged 3 to 4 years, the application of play activities based on gross motor stimulation programs for children aged 3 to 4 years implemented in school institutions using direct and cooperative practice method, discussions and answer questions to evaluating and gaining insight into the proccess and the results of activities. The results of the training activities that participants have been able to make games that stimulate gross motor with creative and innovative and gross motor skills also have links with other aspects of childrens abilities.


Program latihan motorik kasar ditujukan kepada guru TPA/KB di Kecamatan Kedungkandang Kabupaten Malang. Pelatihan ini diberikan karena masih kurangnya tenaga pengajar TPA/KB yang memiliki wawasan tentang cara merangsang aspek fisik motorik kasar sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak dan kegiatan desain yang menarik. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini menggunakan metode ceramah diskusi dan pemecahan masalah. Metode diskusi dan pemecahan masalah digunakan untuk menyampaikan tentang ciri-ciri perkembangan motorik kasar anak usia dini, penyampaian materi tentang program stimulasi motorik kasar, penyampaian materi mengenai perkembangan kegiatan bermain berbasis program stimulasi motorik kasar untuk anak usia 3 sampai dengan 4 tahun, penerapan kegiatan bermain berbasis program stimulasi motorik kasar untuk anak usia 3 sampai dengan 4 tahun dilaksanakan di lembaga sekolah dengan menggunakan metode praktek langsung dan kooperatif, diskusi dan tanya jawab untuk mengevaluasi dan memperoleh wawasan proses dan hasil kegiatan. Hasil kegiatan pelatihan bahwa peserta telah mampu membuat permainan yang merangsang motorik kasar dengan kreativitas dan inovasi serta keterampilan motorik kasar juga memiliki keterkaitan dengan aspek lain dari kemampuan anak.



Keywords


Program design; kindergarten teacher; motor physical stimulation; Desain program; guru TK; stimulasi fisik motorik

Full Text:

PDF

References


Agrina, Sahar, J., & Haryati, Rr. T. S. (2012). Karakteristik orang tua dan lingkungan rumah memengaruhi perkembangan balita. Jurnal Keperawatan Indonesia, 15(2), 83–88.

Aisyah, S., Tatminingsih, S., Novita, D., Setiawan, D., Budi, U. L., & Amini, M. (2014). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka.

Baggerly, J. (2006). Service learning with children affected by poverty: Facilitating multicultural competence in counseling education students. Journal of Multicultural Counseling and Development, 34(4), 244-255.

Cramer, J. R. (2008). Reviving the Connection Between Children and Nature through service-learning restoration partnerships. Native Plants Journal, 9(3), 278–286.

Fox, L., Han, W.-J., Ruhm, C., & Waldfogel, J. (2013). Time for children: Trends in the employment patterns of parents, 1967–2009. Demography, 50(1), 25–49.

Ismail, A. (2006). Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Nuansa Aksara.

Jenkins, A. A., & Sheehey, P. (2009). Implementing Service Learning in Special Education Coursework: What We Learned. Education, 129(4), 668–682.

Montessori, M. (2016). Rahasia Masa Kanak-Kanak. Translated by Ahmad Lintang. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Puspita, W. A. (2014). Pengembangan Program Stimulasi Gerak Untuk Mengoptimalkan Perkembangan Motorik Kasar Bayi Usia 0-< 12 Bulan. Jurnal Ilmiah Visi, 9(1), 36-46..

Rismayanthi, C. (2013). Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar sebagai Stimulasi Motorik Bagi Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Aktivitas Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(1).

Santrock, J. W. (1995). Life Span Development terjemahan Ahmad Chusairi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak (11th ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Suarta, I. N., & Rahayu, D. I. (2018). Model Pembelajaran Holistik Integratif di PAUD Untuk Mengembangkan Potensi Dasar Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1), 37–45.

Ulfah, M. (2019). Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.255

Wahyuni, S., Antara, P. A., & Magta, M. (2020). Stimulasi Metode Service Learning dalam Menumbuhkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 91-100.

Widodo, W. (2017). Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini Berdasarkan Kualifikasi Akademik. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 12(1), 29–44. https://doi.org/10.21009/JIV.1201.4.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v4i1p38-45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat



View My Stats