Pemberdayaan Anak Jalanan dalam Pengembangan Kewirausahaan Binaan Pondok Pesantren Sabilul Hikmah Malang

Zulkarnain Zulkarnain, Endang Sri Redjeki, Kukuh Miroso Raharjo, Sri Wahyuni

Abstract


Street children are a group of children who spend their childhood and adolescence by selling newspapers, busking, or just asking for the mercy of people they meet to meet their daily needs. Economic hardship makes them unable to get an education bench like children in general. Through entrepreneurship empowerment and coaching programs, street children are given the knowledge and skills to be able to see various business opportunities around them, as well as to be creative in utilizing everything around them without having to pay a large fee. The results of these activities include: identifying the target group, exploring the problem of the target group, coordinating the theme of community service activities, preparing for the implementation of activities, implementing activities, and evaluating the activities carried out. Therefore the community service activities of street children empowerment through training based on entrepreneurship development is very important so that they can develop their potential in entrepreneurship and be creative in utilizing everything around them without having to pay a large fee. Hopefully with this training dedication, the colleges and the Street Child Guidance Institute will always provide assistance to street children in providing life skills in developing entrepreneurial potential and expanding product marketing networks by joining through UMKM partners in Malang.


Anak jalanan merupakan sekumpulan anak yang menghabiskan masa kecil dan remaja mereka dengan menjual koran, mengamen, ataupun hanya sekedar meminta belas kasihan orang yang ditemui demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kesulitan ekonomi membuat mereka tidak sempat mengenyam bangku pendidikan seperti anak-anak pada umumnya. Melalui program pemberdayaan dan pembinaan entrepreneur, anak jalanan diberikan pengetahuan dan keterampilan untuk dapat melihat berbagai peluang usaha di sekitarnya, serta kreatif dalam memanfaatkan segala sesuatu yang ada di sekitarnya tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Hasil kegiatan ini meliputi: mengidentifikasi target kelompok sasaran, penggalian masalah kelompok sasaran, koordinasi tema kegiatan pengabdian masyarakat, persiapan pelaksanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kegiatan yang dilaksanakan. Oleh karena itu kegiatan pengabdian pemberdayaan komunitas anak jalanan melalui pelatihan berbasis pada pengembangan kewirausahaan sangatlah penting agar mereka dapat mengembangkan potensi diri dalam berwirasuaha dan kreatif dalam memanfaatkan segala sesuatu yang ada di sekitarnya tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Harapan dengan adanya pengabdian pelatihan ini, pihak perguruan tinggi dan Lembaga Pembina Anak Jalanan senantiasa melakukan pendampingan kepada anak jalanan dalam memberikan life skill dalam mengembangkan potensi kewirausahaan dan dan memperluas jaringan pemasaran produk dengan bergabung melalui mitra UMKM Kota Malang.


Keywords


Empowerment; street children; entrepreneurship; pemberdayaan; anak jalanan; kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Anwas, O.M. (2013). Pemberdayaan Masyarakat di Era Global. Bandung: Alfabeta

Hikmat, H. (2010). Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Humaniora Utama Press

Kamil, M. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Penerbit Alfabeta

Marzuki, S. (2010). Pendidikan Nonformal. Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi. Bandung: Penerbit Rosda

Nasdian, F. T. (2014). Pengembangan Masyarakat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Theresia, A, dkk. (2014). Pembangunan Berbasis Masyarakat Acuan Bagi Praktisi, Akademisi, dan Pemerhati Pengembang Masyarakat. Bandung: CV Alfabeta

Suharto, E. (2005). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Refika Aditama

Suyanto, B. (2010). Masalah Sosial Anak. Jakarta:Kencana Prenada Media Group

Sastradipoera, K (2006). Strategi Pembangunan Sumber Daya Berbasis Pendidikan Kebudayaan. Bandung : Kappa Sigma.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v3i1p59-68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat



View My Stats