Pembinaan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Scientific Approach bagi Guru Sekolah Dasar

Putri Mahanani, Muchtar Muchtar, Ratna Trieka Agustina

Abstract


Elementary Schools in Cluster I of Ngoro Sub-District, Jombang Regency were subjected to service because at that time they were still in the implementation of the 2013 curriculum. Therefore, teachers still needed guidance in accordance with the 2013 curriculum which is currently the policy of the Indonesian government. The target of this service is representatives who aim and teachers at SD 1 Kertorejo 1 and 2 who are in cluster I of Ngoro District, Jombang Regency. The target of this claim is 20 participants. This school is located in Kedawung Hamlet, Kertorejo Village, Ngoro District, Jombang Regency. The method of activities designed are: (1) Exposure to the scientific approach to the 2013 curriculum in elementary school; (2) Exposure to learning tools based on the Scientific approach based on the 2013 curriculum; (3) Workshop on the making of learning tools based on the Scientific approach based on the 2013 curriculum. The results of this service are in the form of understanding and skills of Elementary School Cluster I Teachers of Ngoro District in making Scientific-based learning devices based on the 2013 curriculum.

 

Sekolah Dasar di Gugus I Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang menjadi sasaran pengabdian karena pada SD tersebut masih awal dalam menerapkan kurikulum 2013. Oleh karenanya, guru-guru tersebut masih membutuhkan pembinaan penyusunan rancangan yang sesuai dengan kurikulum 2013 yang menjadi kebijakan pemerintah Indonesia saat ini. Sasaran pengabdian ini adalah perwakilan yang ditentukan secara bertujuan (purposive) yaitu kepala dan guru SDN Kertorejo 1 dan 2 yang berada di gugus I Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Sasaran berjumlah 20 peserta. Sekolah ini berada di Dusun Kedawung, Desa Kertorejo, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang. Adapun metode kegiatan yang dirancang yakni: (1) paparan scientific approach pada Kurikulum 2013 di SD; (2) paparan perangkat pembelajaran berbasis scientific approach berlandaskan kurikulum 2013; (3) workshop pembuatan perangkat pembelajaran berbasis scientific approach berlandaskan kurikulum 2013. Hasil pengabdian ini berupa pemahaman dan keterampilan Guru SD Gugus I Kecamatan Ngoro dalam membuat perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan Saintifik berlandaskan kurikulum 2013.


Keywords


Learning design; scientific approach; curriculum 2013; elementary school; Rancangan pembelajaran; pendekatan saintifik; kurikulum 2013; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Pendidikan, L.P.M. and Nomor, K.R.I., 57. Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Depdikbud.

Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah

Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan

Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Peraturan Pemerintah RI No. 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Standar Nasional Pendidikan

Wakhid, A.R. (2014). Generating libraries of highly correct and safe functions by using proof-based formal methods (Doctoral dissertation).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v3i1p54-58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat



View My Stats