Pemanfaatan Aplikasi Daring Thatquiz.Org untuk Mengembangkan Tes Berbasis Online pada Pembelajaran Matematika

Arlin Astriyani, Ririn Widiyasari, Viarti Eminita, Akmal Ramadhan

Abstract


The obstacle experienced by mathematics teachers in schools in Sukabumi is that most of the teachers do not understand the use of the internet to teach mathematics and internet technology-based online learning applications. Therefore, the purpose of this service is to teach the online application thatquiz.org to mathematics teachers in Sukabumi to make it easier for them to teach mathematics. The methods used in this service include material exposure, discussions, questions and answers and workshops with mathematics teachers. The results of this service, participants looked enthusiastic in the training process, it was seen when the training process of seminar participants was active and asked when there were steps that were not clear to the presenters. But in the process of collecting assignments, only 8 participants out of 10 participants collected due to work constraints. It can be concluded that the trainees have mastered the steps and processes in making questions using the Thatquiz application as an online learning application based on internet technology.

 

Kendala yang dialami pada Guru-guru matematika yang ada di sekolah di Sukabumi yaitu sebagian besar guru-guru belum memahami penggunaan internet untuk mengajar matematika dan aplikasi pembelajaran online berbasis teknologi internet. Oleh karena itu, tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengajarkan aplikasi daring thatquiz.org kepada guru matematika di Sukabumi untuk memudahkan mereka dalam mengajar matematika. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi paparan materi, diskusi, tanya jawab dan workshop dengan guru-guru matematika. Hasil pengabdian ini, peserta terlihat antusias dalam proses pelatihan terlihat ketika proses pelatihan peserta seminar aktif dan bertanya ketika ada langkah yang belum jelas kepada pemateri. Tetapi pada proses pengumpulan tugas hanya 8 peserta dari 10 peserta yang mengumpulkan dikarenakan terkendala pekerjaan. Dapat disimpulkan peserta pelatihan sudah mengusai langkah dan proses dalam membuat soal dengan menggunakan aplikasi thatquiz sebagai aplikasi pembelajaran online berbasis teknologi internet.


Keywords


Online learning; internet technology; mathematics; Thatquiz aplikasi app; Pembelajaran online; teknologi internet; matematika; aplikasi Thatquiz

Full Text:

PDF

References


Agustina, L., & Rusmana, I. M. (2019). Pembelajaran Matematika Menyenangkan dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sosiomadika, 1–7. Retrieved from http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Angriani, A. D. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pemberian Kuis dengan Umpan Balik Pada Siswa Kelas X6 SMA Negeri 2 Sinjai. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 2(1), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/mapan.2014v2n1a1

Arifin, A. N., & Hala, Y. (2019). Pemanfaatan Kahoot sebagai Quiz Game Interaktif Bagi Pendidik di Kabupaten Gowa. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2019(8), 526–529.

Dafitri, H. (2017). Pemanfaatan Wondershare Quiz Creator Dalam Tes Berbasis Komputer. QUERY : Jurnal Sistem Informasi, 01(01), 8–18.

Maryana, Suaedi, & Nurdin. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint dan Ispring Quizmaker pada Matero Teorema Pythagoras. Penelitian Pendidikan Dan Pendidikan Matematika, 2(3), 53–61.

Meryansumayeka, Virgiawan, M. D. &, & Marlini, S. (2018). Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis E-Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Wondershare Quiz Creator Pada Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran Matematika. Journal Pendidikan Matematika, 12(1), 29–42.

Muin, A., & Ulfah, M. R. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Moodle. Pythagoras, 7(1), 73–82. https://doi.org/10.21831/pg.v7i1.2838

Octafianti, M., & Sartika. (2017). Pemanfaatan Kahoot untuk Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal On Education, 01(03), 373–385.

Oktaviyanthi, R., Safaah, E., & Noviana Agus, R. (2017). Pemberdayaan Keterampilan Guru Matematika dalam Menyusun Bahan Ajar Berbantuan Mathematics Education Software. Wikrama Parahita:Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 19. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v1i1.270

Oktaviyanthi, R., Supriani, Y., & Agus, R. N. (2015). Pemanfaatan ICT Oleh Guru Melalui Pembelajaran Matematika Berbantuan Microsoft Mathematics untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Seminar Nasional Riset Terapan (SENASSET), (1), 92–97.

Purnanto, A. W., & Mahardika, A. (2017). Pelatihan Pembuatan Soal Interaktif Dengan Program Wondershare Quiz Creator Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kota Magelang. Warta LPM, 19(2), 141–148. https://doi.org/10.23917/warta.v19i2.2748

RI, P. (2013). PP RI 32 2013 tentang standar nasional pendidikan.

Sapta, A. (2016). Pengaruh penggunaan quiz creator terhadap hasil belajar matematika siswa. Matematics Paedagogic, 1(1), 91–96. Retrieved from http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/jmp/article/view/159

Sulistyawati, A., Wardono, & Kartono. (2018). Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran Matematika. PRISMA, 1(1), 853–859. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

ThatQuiz.org. (2019). That Quiz. Retrieved from Tutorial website: thatquiz.org

Widiyasari, R. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Menggunakan Mind Map Berbantuan E-Learning. Teknodik, 21(1), 27–43.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v4i1p9-17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat



View My Stats