Pelatihan dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Produk UKM Di Kampung Wisata Bisnis Tegalwaru Bogor

Rini Hidayati, Muslikh Muslikh, Nazwirman Nazwirman

Abstract


Abstract: The purpose of this program is to increase competitiveness micro and small medium enterprises (SMEs) in business tourism village Tegalwaru Bogor. The method used in this program is training about marketing and entrepreneurship for SMEs. The result is the increasing of awareness and understanding of marketing and entrepreneurship included: finance, banking, accounting, marketing, and cooperatives. Therefore, marketing and entrepreneurship training for SMEs enterprise should be done continuously, thus increasing sales turnover.

Abstrak: Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan daya saing produk UKM kampung Wisata Bisnis Tegalwaru Bogor. Metode yang dipergunakan adalah pelatihan dan pendampingan tentang pemasaran dan kewirausahaan. Hasil yang dicapai adalah meningkatnya pemahaman pelaku UKM kampung Wisata Bisnis tentang pemasaran dan kewirausahan yang meliputi aspek: pemasaran era digital, pemasaran berbasis teknologi informasi, branding, inovasi dan kreativitas, daya saing produk. Kegiatan pengabdian masyarakat ini sangat bermanfaat bagi pelaku UKM di kampung Wisata Bisnis Tegalwaru Bogor dalam meningkatakan daya saing produk yang dihasilkan.


Keywords


daya saing; pelatihan; pemasaran; kewirausahaan; UKM; competitiveness; training; marketing; entrepreneurship; SMEs enterprise

Full Text:

PDF

References


Agusta, L., & Sutanto, E. M. (2013). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV Haragon Surabaya. AGORA, 1(3).

Hermawati, T. (2007). Budaya Jawa dan Kesetaraan Gender. Jurnal Komunikasi Massa, 1(1), 18- 24.

Prasetyo, E. P. (2008). Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan dan Pengangguran. Akmenika UPY, 2(1), 1-13.

Utari, T., Dewi, N. P. M. (2014). Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan dan Teknologi Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Kawasan Imam Bonjol Denpasar Barat. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(12), 549-623.

Wulandari, R. (2005). Penilaian Kebutuhan Pelatihan: Tantangan dan Solusi. Jurnal Siasat Bisnis, 75-86.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v2i1p15-20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat



View My Stats