Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru di Area Pertambakan Jabon Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal
Abstract
The aim of the activity is to develop pedagogical competence of elementary school teachers in the area of aquaculture through training in making local wisdom-based learning media. The problem of partners in SDN Kupang IV Kalialo Jabon, is that the facilities are inadequate as a support for the learning process for students at Kalialo Public Elementary School, so that teaching applied by teachers tends to be conventional. Limited facilities and teaching aids such as media, solutions can be obtained by utilizing pond algae and shells to be innovated into learning media for science, social studies, civics, and Indonesian subjects. The method used in this activity is through training that is followed by teachers who have workplaces in the farm area. The target of outcomes in PKM is to produce learning media based on local wisdom as an effort to improve teacher teaching competence.
Tujuan kegiatan adalah mengembangkan kompetensi pedagogik guru SD di kawasan pertambakan melalui pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis kearifan lokal. Permasalahan mitra di SDN Kupang IV Kalialo Jabon, bahwa fasilitas yang kurang memadai sebagai pendukung proses pembelajaran bagi siswa di SD Negeri Kalialo, sehingga pengajaran yang diterapkan oleh guru cenderung konvensional. Terbatasnya fasilitas dan alat bantu ajar seperti media, bisa didapatkan solusi dengan memanfaatkan ganggang tambak dan kerang untuk diinovasikan menjadi media pembelajaran bagi mata pelajaran IPA, IPS, PKn, dan Bahasa Indonesia. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah melalui pelatihan yang diikuti oleh para guru yang memiliki tempat kerja di area pertambakan. Target luaran pada PKM ini, yaitu menghasilkan media pembelajaran berbasis kearifan lokal sebagai salah satu upaya meningkatkan kompetensi mengajar guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sagala, Syaiful. (2009). Kemampuan Professional Guru Dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Zuhdan K. Prasetyo. (2013). Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Prosiding, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika. Surakarta. FKIP UNS.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v2i3p141-146
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat