Pelatihan Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Inovatif dan Kreatif Bagi Guru

Alif Mudiono, Suhel Madyono, Esti Untari

Abstract


Abstract: Implementation of curriculum 2013 in Blitar City raises various obstacles of teachers in teaching. The purpose of this dedication is to provide training to teachers in the city of Blitar so that it can implement the 2013 curriculum with various models of creative and innovative learning. The methods used in the training use lecture methods, discussion, and active participation of the participants. The results obtained by the participants know the innovative and creative based learning model and can practice the models.

 

Keywords: Curriculum 2013, learning model, innovative, and creative

 

Abstrak: Implementasi kurikulum 2013 di Kota Blitar menimbulkan berbagai kendala guru dalam mengajar. Tujuan dari pengabdian ini yaitu memberikan pelatihan kepada guru-guru di Kota Blitar sehingga dapat mengimplematasikan kurikulum 2013 dengan berbagai model pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Metode yang diguakan dalam pelatihan menggunakan metode ceramah, diskusi, dan partisipasi aktif dari peserta. Hasil yang diperoleh peserta mengetahui model pembelajaran yang berbasis inovatif dan kreatif dan dapat mempraktikkan model-model tersebut.

 

Kata kunci: Kurikulum 2013, model pembelajaran, inovatif, dan kreatif


Keywords


Kurikulum 2013, model pembelajaran, inovatif, kreatif

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. 2013. Dasar Hukum: Implementasi Kurikulum 2013 di SD. Jakarta: Direktorat Pembinaan SD.

Kemendikbud. 2013. Panduan Teknis: Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik di SD. Direktorat Pembinaan SD.

Kemendikbud. 2013. Panduan Teknis: Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SD. Jakarta: Direktorat Pembinaan SD

Mudiono, Alif. 2000. Keefektifan Pembelajaran Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Laporan Hasil Penelitian. Malang: Puslit IKIP Malang

Mudiono, Alif. 2001. Kemampuan Guru dalam Pembelajran Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Laporan Hasil Penelitian. Malang: Puslit IKIP Malang.

Mudiono, Alif. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Guided Reading Thinking Activities. di SD Laporan. Hasil Penelitian Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Mudiono, Alif. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Guided Reading dengan Teknik Directed Reading Thinking Activities di SD. Laporan Hasil Penelitian Tahap Tahun Pertama. Malang: Puslit Universitas Negeri Malang

Mudiono, Alif. 2010. Pengembangan Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan.

Mudiono, Alif. 2010. Pengembangan Model Pembelajaran Guided Reading dengan Teknik Directed Reading Thinking Activities di SD. Laporan Hasil Penelitian Tahap Tahun Kedua. Malang: Puslit Universitas Negeri Malang.

Mudiono, Alif. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Literasi Fokus Menulis Narasi dengan Teknik Probing-Prompting di SD Wilayah Kota Blitar. Laporan Hasil Penelitian. Penelitian Tahap Pertama. Malang: Universitas Negeri Malang.

Mudiono, Alif. 2014. Pembelajaran Baca Tulis Permulaan dengan Menggunakan Metode Kupas rangkai Suku Kata di SD. Artikel Konseptual. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v1i2p109-113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat



View My Stats