Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Abstract: The purpose of this mentoring program is to increase the understanding of teachers of Public Junior High School Lowokwaru District Malang City about the types of scientific papers, the rules of writing scientific papers, and writing articles professionally. Outcome of this mentoring program is a scientific article written by teachers of Public Junior High School Lowokwaru District Malang City to be submitted to national journals or proceedings of national seminars. The method of activity is by a classical and individual approach. The classical approach is used in the theoretical material delivery activities of scientific article writing steps. Individual approach is used when the mentoring participants write a scientific article that is with workshop method. Based on the implementation of this mentoring activity, it is concluded: (1) the willingness of the participants in writing articles or scientific papers is quite high; (2) participants’ understanding of writing articles is lacking; and (3) participants’ understanding of the type of writing is lacking. The results of focus group discussions (FGD) showed the problems experienced by teachers in writing scientific papers. Problems experienced by teachers in writing scientific papers are classified into two, namely external problems and internal problems.
Keywords: mentoring, writing articles, teachers
Abstrak: Tujuan dari program pendampingan ini adalah meningkatnya pemahaman guru SMP Negeri Kota Malang tentang jenis-jenis karya ilmiah, kaidah menulis karya ilmiah, dan menulis artikel secara profesional. Luaran dari program pendampingan ini adalah artikel ilmiah yang ditulis oleh guru SMP Negeri Kota Malang untuk diajukan ke jurnal nasional atau prosiding seminar nasional. Metode kegiatan adalah dengan pendekatan secara klasikal dan individual. Pendekatan klasikal digunakan pada kegiatan penyampaian materi secara teoritik langkah-langkah menulis artikel ilmiah. Pendekatan individual digunakan pada saat peserta pendampingan menulis artikel ilmiah yakni dengan metode workshop. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan pendampingan ini, disimpulkan: (1) kemauan peserta dalam menulis artikel atau karya tulis ilmiah adalah cukup tinggi; (2) pemahaman peserta terhadap menulis artikel adalah kurang; dan (3) pemahaman peserta terhadap jenis tulisan adalah kurang. Hasil focus group discussion (FGD) menujukkan permasalahan yang dialami guru dalam menulis karya ilmiah. Permasalahan yang dialami oleh guru dalam menulis karya ilmiah diklasifikasikan menjadi dua, yaitu masalah eksternal dan masalah internal.
Kata kunci: pendampingan, menulis artikel, guru
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cheng, A. 2008. Analyzing Genre Exemplars in Preparation for Writing: The Case of an L2 Graduate Student in the ESP Genre-Based Instructional Framework of Academic Literacy. Applied Linguistics, 29(1), 50-71.
Ecarnot, F., Seronde, M. F., Chopard, R., Schiele, F., dan Meneveau, N. 2015. Writing a Scientific Article: A Step-by-Step Guide for Beginners. European Geriatric Medicine, 27, 1-8. http://dx.doi.org/10.1016/j.eurger.2015.08.005.
Djariyo, Sulianto, J., Mudzanatun, Reffiane, F., dan Purnamasari, I. 2016. Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis bagi Guru Sekolah Dasar di Kota Semarang, (Online), (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=6992&val=531), diakses 2 Desember 2016.
Fannies, S. A. 2016. Analisis Kesulitan Menulis Karya Ilmiah Sederhana Siswa Kelas IX SMPN 3 Singosari. Cendekia, 10(1), 19-28.
Fatah, A., Wakid, M., dan Yoga, N. A. 2015. Pelatihan Penulisan Makalah Pendamping/Prosiding dalam Rangka Menghadapi Pelaksanaan Permenpan Nomor 16 Tahun 2009. Laporan Pengabdian kepada Masyarakat tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. (Online), (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/nirmala-adhi-yoga-pambayun-mpd/pelatihan-penulisan-makalah-pendampingprosiding-dalam-rangka-menghadapi-pelaksanaan-permenpan-nomor-.pdf), diakses 12 Januari 2017.
Gilinsky, A., Forbes, S. L., dan Reed, M. M. 2016. Writing Cases to Advance Wine Business Research and Pedagogy. Wine Economics and Policy, 5, 60-67. http://dx.doi.org/10.1016/j.wep.2016.04.001.
Gunawan, I. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Gunawan, I. 2015. Strategi Meningkatkan Kinerja Guru: Apa Program yang Ditawarkan oleh Kepala Sekolah? Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Karir Tenaga Pendidik Berbasis Karya Ilmiah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 23 Agustus, hlm. 305-312.
Huang, J. C. 2017. What do Subject Experts Teach about Writing Research Articles? An Exploratory Study. Journal of English for Academic Purposes, 25, 18-29. http://dx.doi.org/10.1016/j.jeap.2016.10.004.
Isa, S. M., Soewito, B., dan Gunawan, F. E. 2016. Pengaruh Perangkat Lunak Managemen Referensi pada Peningkatkan Motivasi Publikasi para Pendidik. Ethos Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 243-248.
Karimnia, A. 2013. Writing Research Articles in ENGLISH: Insights from Iranian University Teachers’ of TEFL. Akdeniz Language Studies Conference 2012, (Online), Procedia - Social and Behavioral Sciences, hlm. 901-914, (http://www.sciencedirect.com), diakses 13 Januari 2017.
Kemdikbud. 2017. Daftar Satuan Pendidikan (Sekolah) Per Kec. Lowokwaru, (Online), (http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php?kode=0561 05&level=3), diakses 11 Januari 2017.
Komara, A. 2017. Menulis Artikel dan Karya Ilmiah, (Online), (http://www.lpmpjateng.go.id/web/index.php/arsip/artikel/174-menulis-artikel-dan-karya-ilmiah), diakses 12 Januari 2017.
Kompas. 2010. Lemah, Kemampuan Guru Menulis Karya Ilmiah, (Online), (http://nasional.kompas.com/read/2010/03/19/04191796/Lemah.Kemampuan.Guru.Menulis.Karya.Ilmiah.), diakses 21 Juni 2017.
Larasati, R. T. 2014. Faktor-faktor Penghambat Penulisan Karya Tulis Ilmiah dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru SDN Lempuyangwangi Yogyakarta. Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Ortinau, D. J. 2011. Writing and Publishing Important Scientific Articles: A Reviewer’s Perspective. Journal of Business Research, 64, 150-156. doi:10.1016/j.jbusres.2010.02.002.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. 2010. Jakarta: Fokus Media.
Sampurno, Y. G., dan Siswanto, I. S. 2010. Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru-guru Sekolah Dasar di Kecamatan Moyudan Sleman. Laporan Pengabdian kepada Masyarakat tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. (Online), (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/ibnu-siswanto-mpd/pelatihan-penulisan-karya-tulis-ilmiah-bagi-guru-guru-sekolah-dasar-di-kecamatan-moyudan-sleman.pdf), diakses 12 Januari 2017.
Tarigan, H. G. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Suandi, I. N. 2008. Gerakan Menulis Karya Ilmiah (Sebuah Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, 41(1), 510-531.
Supanti, S. 2017. Solusi Praktis Guru Menulis, (Online), (https://radarsemarang.com/2017/05/21/solusi-praktis-guru-menulis/), diakses 20 Juni 2017.
Supriyanto, A. 2015. Harapan, Kenyataan dan Strategi Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah, (Online), (http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/04/13_A-Supriyanto-AP.pdf), diakses 2 Mei 2017.
Wibowo, C. H. 2015. Problematika Profesi Guru dan Solusinya bagi Peningkatan Kualitas Pendidikan di MTs Negeri Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri. Tesis tidak diterbitkan. Surakarta: Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Yeganeh, M. T., dan Boghayeri, M. 2015. The Frequency and Function of Reporting Verbs in Research Articles Written by Native Persian and English Speakers. 2nd Global Conference on Linguistics and Foreign Language Teaching, LINELT-2014, Dubai-United Arab Emirates, December 11-13, (Online), Procedia - Social and Behavioral Sciences, hlm. 582-586, (http://www.sciencedirect.com), diakses 13 Desember 2016.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v1i2p128-135
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat