Pelatihan Desain Grafis dan Fotonovela untuk Warga Desa Ngembal Kec. Wajak Kab. Malang

Rini Agustina, Dodit Suprianto

Abstract


Technological developments are also very influential on community service institutions at the village level. The village currently has made many improvements in terms of service to the community, including one of which is service in terms of providing information. Information from the center must be immediately absorbed by the community, given the existence of deadlines and periods in each of the information submitted. The information provided will be very beneficial for the community for this reason the need for rapid and appropriate socialization. The purpose of this activity is to increase the creativity of villagers in making information and photo media with graphic designs to provide information to the community and other village activities in an effort to support an activity. Training to make graphic and photo designs is felt to be very necessary to increase the creativity of the village leaders and the community they represent. The solution offered is to provide mentoring training in graphic and photo design for the villagers of Ngembal Kec. Wajak, Kab. Malang.

Perkembangan teknologi yang terjadi juga sangat berpengaruh terhadap lembaga pelayanan masyarakat ditingkat desa. Desa saat ini telah melakukan banyak peningkatan dalam hal pelayanan kepada masyarakat, termasuk salah satunya adalah pelayanan dalam hal pemberian informasi. Informasi dari pusat harus segera bisa diserap oleh masyarakat secepatnya mengingat adanya tenggat waktu dan masa di setiap informasi yang disampaikan. Informasi yang diberikan akan sangat berguna bagi masyarakat untuk itu perlu adanya sosialisasi secara cepat dan tepat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kreatifitas dari warga desa dalam membuat media informasi dan fotonovela dengan desain grafis untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat serta kegiatan desa lainnya dalam usaha untuk mempromosikan suatu kegiatan. Pelatihan untuk membuat desain grafis dan fotonovela menjadi hal yang dirasa sangat perlu untuk menigkatkan kreatifitas dari perangat desa maupun masyarakat yang mewakili. Solusi yang ditawarkan adalah memberikan pendampingan pelatihan dalam desain grafis dan fotonovela untuk warga desa Ngembal Kec. Wajak Kab. Malang.


Keywords


Graphic design training; fotonovela; corel draw; Pelatihan desain grafis; fotonovela

Full Text:

PDF

References


Dessler, G. (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan: Benyamin Molan. Jakarta: PT. Prenhallind.

Gomes, F. C. (1991). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset.

Moekijat. (1991). Evaluasi Pelatihan dalam Rangka Peningkatan Produktivitas. Bandung: Mandar Maju

Schermerhorn, Jr., John R. (1999). Manajemen. Terjemahan: M. Purnama Putranta dan Surya Dharma. Yogyakarta: Andi Offset.

Staf. (2004). Pengertian Corel Draw, (online) https://tugasdesaintgi. wordpress.com/2013/10/30/pengenalan-coreldraw/comment-page-1/




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v2i2p117-121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat



View My Stats