Cover Image

Cerita bergambar “pakai masker yuk” sebagai edukasi anak usia dini di Kecamatan Blimbing Kota Malang

Rany Ekawati, Ema Novita Deniati, Anindya Hapsari, Fina Adibatul Hasanah Harra, Nisa Assifa Hakiki

Abstract


Covid-19 masih menjadi pandemi di seluruh dunia. Kasus covid-19 di Kecamatan Blimbing Kota Malang menunjukkan jumlah kasus tertinggi. Salah satu pencegahan penularan covid-19 dengan melaksanakan protokol Kesehatan, salah satunya yaitu penggunaan masker. Covid-19 bisa menjangkit semua kelompok umur, termasuk anak usia dini. Anak usia dini menjadi rawan karena enggan menggunakan masker. Tujuan kegiatan ini untuk mengedukasi anak PAUD dan TK di Kecamatan Blimbing Kota Malang menggunakan masker. Edukasi penggunaan masker menggunakan cerita bergambar dan video story telling yang berjudul “Pakai Masker Yuk”. Kegiatan ini dilakukan di PAUD dan TK yang berada di Kecamatan Blimbing Kota Malang sebanyak 31 sekolah. Pembagian cerita bergambar dan video story telling kepada anak didik dilakukan melalui guru kelas secara online. Cerita bergambar “Pakai Masker Yuk” terdiri dari 6 halaman dan video story telling berdurasi 1 menit 59 detik. Setelah mendapatkan cergam dan video story telling, guru dan anak didik memberikan feedback yang dibagikan melalui google form.  Cergam dan video story telling mendapatkan tanggapan positif (54,8 persen), tanggapan cukup (38,7 persen), dan tanggapan kurang (6,5 persen) dari guru dan anak didik. Sebagian besar guru dan anak didik memberikan respon yang positif untuk cergam dan video story telling.

Keywords


covid-19; masker; cerita bergambar; story telling; usia dini

Full Text:

PDF

References


Anantyo, D. T., Kusumaningrum, A. A., Rini, A. E., Radityo, A. N., Rahardjani, K. B., & Sarosa, G. I. (2020). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Pada Anak (Studi Literatur). Medica Hospitalia : Journal of Clinical Medicine, 7(1A), 344–360. https://doi.org/10.36408/mhjcm.v7i1a.479

BPS Kota Malang. (2020). Jumlah Sekolah, Murid, dan Guru Taman Kanak Kanak (TK) 2018-2020. https://malangkota.bps.go.id/indicator/28/262/1/jumlah-sekolah-murid-dan-guru-taman-kanak-kanak-tk-.html

Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498

IDAI. (2020). Covid-19 Pada Anak Indonesia. https://www.idai.or.id/artikel/tv

Kemenkes RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Germas, 0–115.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (1st ed.). Perdana Publishing.

Kompas.com. (2020). IDAI: Tidak Benar Anak Tidak Rentan terhadap Covid-19. https://health.kompas.com/read/2020/05/23/100000268/idai-tidak-benar-anak-tidak-rentan-terhadap-covid-19?page=all

Kurniawati, T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2019). Strategi Pembelajaran Nilai Karakter Mandiri Berbantuan Video Animasi Pembelajaran Untuk Paud. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 30–38. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p030

Pemerintah Kota Malang. (2020a). Peta Persebaran Covid-19 di Kota Malang per 17 Juni 2020. https://malangkota.go.id/2020/06/17/peta-persebaran-covid-19-di-kota-malang-per-17-juni-2020/

Pemerintah Kota Malang. (2020b). Update Data COVID-19 Di Wilayah Kota Malang 18 Juni 2020. https://malangkota.go.id/2020/06/18/peta-persebaran-covid-19-di-kota-malang-per-18-juni-2020/

Putri, A. A. A. D. (2019). Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Usia Dini Mengenai Bencana Alam. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3), 246–250.

Ria Setia Sari, M., Devitria, G., Veronica Ginting, G., Herawati, F., Amalia Syaputri, F., Rizqiyah, F., Masdiah, F., Mora, G., Qoirunissa Putri, G., Putri Ristianadewi, H., & Setia, H. (2021). Meningkatkan Pengetahuan Cara Mencuci Tangan Dan Penggunaan Masker Yang Benar Melalui Penyuluhan Kesehatan Pada Anak. Ibnu Baidillah, 5(2), 17. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm

Satuan Tugas Penanganan COVID-19. (2020). Infografis COVID-19 (21 Juni 2020). https://covid19.go.id/p/berita/infografis-covid-19-21-juni-2020

UNICEF. (2020). COVID-19 dan Anak-Anak di Indonesia Agenda Tindakan untuk Mengatasi Tantangan Sosial Ekonomi. Journal of Education, Pshycology and Counseling, 2(April), 1–12.

Wardhani, D. K., Susilorini, M. R., Angghita, L. J., & Ismail, A. (2020). Edukasi Pencegahan Penularan COVID-19 Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Audio Visual. Jurnal Abdidas, 1(3), 131–136. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i3.33

Yulianingsih, Hayati, Y., Kurnia, T., Nursihah, A., & Arif. (2020). Pengenalan Covid-19 pada Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita. Digital Library UIN Sunan Gunung Jati, April, 1–12. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30608

Zhang, C., Gu, J., Chen, Q., Deng, N., Li, J., Huang, L., & Zhou, X. (2020). Clinical and epidemiological characteristics of pediatric SARS-CoV-2 infections in China: A multicenter case series. PLOS Medicine, 17(6), e1003130. https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1003130




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um075v1i22021p89-98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rany Ekawati, Ema Novita Deniati, Anindya Hapsari, Fina Adibatul Hasanah Harra, Nisa Assifa Hakiki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.