Implementasi Program Adiwiyata Berbasis Partisipatif Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar
Abstract
This study aims to describe the implementation and character values that grow in students through the participatory-based Adiwiyata program at SDN Bareng 3 Malang. This research uses a qualitative approach with a descriptive research type. Data collection techniques in research are interviews, observation, and documentation. The results showed that SDN Bareng 3 Malang has implemented a participatory-based Adiwiyata program under the standards of participatory-based environmental activities. The activities include (a) maintenance and maintenance of the school building and environment; (b) participating in environmental action activities with outside parties; (c) forge partnerships and utilize sources from various parties to enhance environmental learning. As for the character values that grow in students of SDN Bareng 3 Malang, namely cooperation, caring for the environment, being independent, creative, disciplined, nationalist, religious, and responsible.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dan nilai-nilai karakter yang tumbuh pada diri siswa melalui program Adiwiyata berbasis partisipatif di SDN Bareng 3 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN Bareng 3 Malang telah mengimplementasikan program Adiwiyata berbasis partisipatif sesuai dengan standar kegiatan lingkungan berbasis partisipatif. Bentuk kegiatannya yaitu, (a) pemeliharaan serta perawatan gedung dan lingkungan sekolah; (b) mengikuti kegiatan aksi peduli lingkungan bersama pihak luar; (c) menjalin kemitraan dan memanfaatkan sumber dari berbagai pihak untuk meningkatkan pembelajaran lingkungan hidup. Adapun nilai karakter yang tumbuh pada diri siswa SDN Bareng 3 Malang, yaitu gotong royong, peduli lingkungan, mandiri, kreatif, disiplin, nasionalis, religius, dan tanggung jawab.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adriansyah, M. A., Sofia, L., & Rifayanti, R. (2019). Pengaruh Pelatihan Pendidikan Lingkungan Hidup Terhadap Sikap Peduli Anak Akan Kelestarian Lingkungan. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 5(2), 86. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v5i2.2281
Agusta, A. R., & Noorhapizah, Dr. (2018). Improving the Student’s Cooperation and Environmental Care Skill using Outdoor Learning Strategy Outbound Variation. Proceedings of the 1st International Conference on Creativity, Innovation and Technology in Education (IC-CITE 2018). Proceedings of the 1st International Conference on Creativity, Innovation and Technology in Education (IC-CITE 2018), Banjarmasin, Indonesia. https://doi.org/10.2991/iccite-18.2018.3
Akbar, S. (2011). Revitalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Naskah Pengukuhan Guru Besar, Universitas Negeri Malang.
Aldyan, R. A. (2020). The Effect of Globalization and Capitalism on Forest Damage in Indonesia. Diadikasia Journal, 1(1). https://doi.org/10.21428/8c841009.0f98753e
Andiarini, S. E., Arifin, I., & Nurabadi, A. (2018). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 238–244. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p238
Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar: Inserting of Discipline Character Education Values in Basic School Students. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69–74. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102
Azhar, A., Basyir, M. D., & Alfitri, A. (2016). Hubungan Pengetahuan Dan Etika Lingkungan Dengan Sikap dan Perilaku Menjaga Kelestarian Lingkungan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 13(1), 36. https://doi.org/10.14710/jil.13.1.36-41
Azmi, F., & Elfayetti, E. (2017). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Melalui Program Adiwiyata Di SMA Negeri 1 Medan. JURNAL GEOGRAFI, 9(2), 125. https://doi.org/10.24114/jg.v9i2.6901
Barnes, M. A., Davis, C., Kulesz, P., & Francis, D. (2021). Effects of semantic reinforcement, semantic discrimination, and affix frequency on new word learning in skilled and less skilled readers in Grades 6 to 12. Journal of Experimental Child Psychology, 205, 105083. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2020.105083
Choiri, Moh. M. (2017). Upaya Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1793
Desfandi, M. (2015). Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(1), 31–37. https://doi.org/10.15408/sd.v2i1.1661
Deswari, N., & Supardan, D. (2016). Upaya Peningkatan Environmental Literacy Peserta Didik Di Sekolah Adiwiyata (Studi Inkuiri Naturalistik Di Sd Negri 138 Pekanbaru). Jurnal Socius, 5(2). https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v5i2.3331
Diyan Nurvika Kusuma Wardani. (2020). Analisis Implementasi Program Adiwiyata dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.6
Erviana, V. Y. (2021). Penanganan Dekadensi Moral melalui Penerapan Karakter Cinta Damai dan Nasionalisme. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 1–9. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.27149
Habibi, M. W. (2019). Implementasi Program Adiwayata Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa: Studi multi situs di SD Insan Amanah dan SDU Al-Ya’lu Kota Malang. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/14199/.
Hamli Syaifullah, S. R. (2016). Optimalisasi Pendidikan Karakter Untuk Menumbuh Kembangkan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus (Abk). Nadwa, 6(1), 179. https://doi.org/10.21580/nw.2012.6.1.463
Handayani, T., Wuryadi, W., & Zamroni, Z. (2015). Pembudayaan Nilai Kebangsaan Siswa Pada Pendidikan Lingkungan Hidup Sekolah Dasar Adiwiyata Mandiri. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(1), 95–105. https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i1.7815
Junianto, D., & Wagiran, W. (2013). Pengaruh kinerja mengajar guru, keterlibatan orang tua, aktualisasi diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3). https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1845
Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwani, A., & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Lectura : Jurnal Pendidikan, 11(2), 225–238. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i2.4724
Mulyasa, E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Narut, Y. F., & Nardi, M. (2019). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kota Ruteng. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 259–266. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p259-266
Patalatu, J. S., & Besare, S. D. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Sikap Peduli Sampah pada Anak. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 19–27. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p019
Pelita, A. C., & Widodo, H. (2020). Evaluasi Program Sekolah Adiwiyata di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bantul Kota. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(2), 145–157. https://doi.org/10.17977/um009v29i22020p145
Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622
Rachmadyanti, P. (2017). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI KEARIFAN LOKAL. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 201. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2140
Rotari, S. (2017). Peran Program Adiwiyata Mandiri dalam Meningkatkan Kepedulian Lingkungan Peserta Didik. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 42. https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i1.1177
Shen, S., & Chi, M. (2016). Reinforcement Learning: The Sooner the Better, or the Later the Better? Proceedings of the 2016 Conference on User Modeling Adaptation and Personalization, 37–44. https://doi.org/10.1145/2930238.2930247
Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 36. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941
Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi Nilai Pendidikan Melalui Aktivitas Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885
Suyitno, S. (2018). Strategi Pembentukan Budaya Religius di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Edukasi Journal, 10(2), 191–204. https://doi.org/10.31603/edukasi.v10i2.2310
Syahrial, S., Kurniawan, A. R., Alirmansyah, A., & Alazi, A. (2019). Strategi Guru dalam Menumbuhkan Nilai Kebersamaan pada Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 232–244. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8455
Wulandari, E., & Azka, R. (2018). Menyambut Pisa 2018: Pengembangan Literasi Matematika Untuk Mendukung Kecakapan Abad 21. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i1.14
Yudabangsa, A. (2020). Pengembangan Kesadaran Keberagamaan dan Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha’. Attractive : Innovative Education Journal, 2(1), 117. https://doi.org/10.51278/aj.v2i1.30
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v39i12021p057
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:
Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.