Development of Bilingual Pop Up Book Media on Javanese Puppet Stories for Elementary School Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. rev. ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Cahyono, B. (2015). Nilai pendidikan karakter dalam serat tripama dan relevansinya dengan pembelajaran apresiasi sastra jawa (kajian heuristik dan hermeneustik). UNS (Sebelas Maret University).
Devi, A. S., & Maisaroh, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Wayang Tokoh Pandhawa pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V SD. Jurnal PGSD Indonesia, 3(2).
Ibda, H. (2017). Media Pembelajaran Berbasis Wayang: Konsep dan Aplikasi. CV. Pilar Nusantara.
Kamajaya. 1985. Tiga Suri Teladan. Yogyakarta : U.P. Indonesia.
Kementerian Pendidikan. 2010. Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa pedoman sekolah. 124.
Krismon, F. H., Zainuddin, M., & Putra, A. P. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Swishmax Materi Peristiwa Mengisi Kemerdekaan dengan Penguatan Karakter Tanggung Jawab di Kelas V. Wahana Sekolah Dasar; Vol 28, No 2 (2020)DO - 10.17977/Um035v28i22020p068 . http://journal2.um.ac.id/index.php/wsd/article/view/14249
Kurniati, E. (2015). Implementasi Pembelajaran Bahasa Jawa SD yang Integratif Komunikatif Berbasis Folklore Lisan sebagai Wujud Konservasi Budaya. Jurnal Penelitian Pendidikan, 32(2).
Nurgiyantoro, B. (2011). Wayang dan pengembangan karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).
Permana, Y. (2019). Karakter dalam Cerita Wayang Kumbakarna Gugur. PANTUN, 2(1).
Pratiwi, Y. D., Bintartik, L., & Putra, A. P. (2020). Development of POE Learning Model-Based Booklet for Elementary School. 277–284. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201214.249
Pusparani, H., Samsudi, S., & Haryadi, H. (2017). The Analysis of Requirements Developing Teaching Materials in Writing Folklore with Javanesse Language Based on Local Wisdom. Journal of Primary Education, 6(2), 94–102.
Putra, A. P., Nawawi, I., Badawi, A., Sutarno, Pratiwi, I., Kim, J., Untari, E., & Umaroh, M. (2019). Interactive Multimedia Analysis in Thematic Learning: A Study of Practical Aspect. 2019 5th International Conference on Education and Technology, ICET 2019. https://doi.org/10.1109/ICET48172.2019.8987218
Rohmah, A. M., Untari, E., & Murti, T. (2020). Pengembangan cerita wayang (riyang) bergambar berbasis karakter gemar membaca bahasa Jawa untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Wahana Sekolah Dasar, 27(2), 38–46.
Saddhono, K., & Rohmadi, M. (2014). A Sociolinguistics Study on the Use of the Javanese Language in the Learning Process in Primary Schools in Surakarta, Central Java, Indonesia. International Education Studies, 7(6), 25–30.
Safitri, K., & Sudarsono, S. (2019). Developing a pop up book supportive to narrative-texts teaching. Journal of English Language Teaching Innovations and Materials (JELTIM), 1(2), 66–72.
Silberman, M. (2010). 101 cara pelatihan dan pembelajaran aktif. Jakarta: Indeks.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Tanaya, D., & Adriani, M. (2016). Dictionary-based Word Segmentation for Javanese. Procedia Computer Science, 81(May), 208–213. https://doi.org/10.1016/j.procs.2016.04.051
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model penelitian pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yamasari, Y. (2010). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT yang berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X–ITS, Surabaya, 4.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v30i12021p077
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:
Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.