Eksistensi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar
Abstract
This study aims to explore the existence of character education values for elementary school students with online learning and door to door learning system, by choosing descriptive qualitative as its implementation. The research location was MI Muhammadiyah 1 Probolinggo City. The informants in this study were teachers from grade 1 to grade 3, totaling six people. This study used a phenomenological type of research. Data obtained by direct observation, interviews and documentation. Data analysis was carried out through data reduction, data display, and verification. The results of this study are (1) teachers must be able to provide an online learning system to support the existence of character education values for elementary school students during online learning; (2) collaboration of online learning with door to door provides enormous benefits in the development of the character values; (3) the role of teachers in learning innovation and collaboration with parents can help optimizing the development and habituation of the character values in students.
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi eksistensi nilai-nilai pendidikan karakter siswa sekolah dasar dengan sistem pembelajaran online dan door to door, dengan memilih deskriptif kualitatif sebagai implementasinya. Tempat penelitian adalah MI Muhammadiyah 1 Kota Probolinggo. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas 1 hingga kelas 3 yang berjumlah enam orang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian fenomenologi. Data didapatkan dengan observasi langsung, wawancara serta dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data, juga verifikasi. Hasil dari penelitian ini meliputi, (1) guru harus mampu mengembangkan sistem pembelajaran online untuk mendukung eksistensi nilai-nilai pendidikan karakter siswa sekolah dasar selama pembelajaran online; (2) kolaborasi pembelajaran secara daring atau online dengan door to door ini memberikan manfaat yang sangat besar dalam pengembangan nilai karakter; (3) peran guru dalam inovasi pembelajaran dan kerja sama dengan orang tua dapat membantu mengoptimalkan perkembangan dan pembiasaan nilai karakter dalam diri siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, T. N., Akbar, S., & Winahyu, S. E. (2021). Implementasi Program Adiwiyata Berbasis Partisipatif dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 30(1), 57. https://doi.org/10.17977/um009v39i12021p057
Aji, U. S. (2020). Analisis Higher Order Thinking Skill (Hots) Siswa Madrasah Ibtidaiyah dalam Menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(2), 377. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.7440
Althof, W., & Berkowitz*, M. W. (2006). Moral Education and Character Education: Their Relationship and Roles in Citizenship Education. Journal of moral education, 35(4), 495–518.
Asfuri, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Door to Door Pada Perkembangan Psikologi Belajar Anak di TKIT Raudlotul Mu’minin. IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(1), 84–111. https://doi.org/10.18326/ijip.v2i1.84-111
Fahroji, O. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter. Qathrunâ, 7(1), 61. https://doi.org/10.32678/qathruna.v7i1.3030
Hasanah, U. (2016). Pola Asuh Orangtua dalam Membentuk Karakter Anak. Jurnal Elementary, 2(2), 72–82.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp
Insani, G. N., Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8153–8160.
Khoiruddin, H., & Mangkuwibawa, H. (2021). Al-qur’an dan Pembinaan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah 1,2. 4(1), 44–51.
Liu, B., & Kang, J. (2017). Publicness and Directedness: Effects of Social Media Affordances on Attributions and Social Perceptions. Computers in Human Behavior, 75, 70–80. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.04.053
Muttaqin, M. F., Raharjo, T. J., & Masturi, M. (2018). The Implementation Main Values of Character Education Reinforcement in Elementary School. Journal of Primary Education, 7(1), 103–112.
Prawiyogi, A. G., & Purwanugraha, A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. JPD (Jurnal Pendidikan Dasar), 94–101.
Rahayu, D., Narimo, S., Fathoni, A., Rahmawati, L. E., & Widiyasari, C. (2020). Pembentukan Karakter Siswa Berorientasi Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Educaional Journal), 4(1), 109–118.
Rahmat, N., Sepriadi, S., & Daliana, R. (2017). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Guru Kelas di SD Negeri 3 Rejosari Kabupaten Oku Timur. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2). https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1471
Sabarua, J. O., & Mornene, I. (2020). Komunikasi Keluarga dalam Membentuk Karakter Anak. 4(1), 82–89.
Sada, J. H. (2016). Budaya 5S Sangat Penting Diterapkan di Sekolah, karena Program ini dapat Menciptakan Suasana Saling Menghormati Antar Sesama dalam Suatu Pergaulan. Manusia Dalam Prespektif Agama Islam, 7(September), 2086–9118.
Sokatch, A. (2017). Toward a Research Agenda: Building Character Strengths in School Settings. Journal of Youth and Adolescence, 46(6), 1238–1239. https://doi.org/10.1007/s10964-017-0657-9
Suasthi, I. G. A., & Suadnyana, I. B. P. E. (2020). Membangun Karakter “Genius” Anak Tetap Belajar Dari Rumah Selama Pandemi Covid-19 pada Sekolah Suta Dharma Ubud Gianyar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 431–452.
Suherman, A. (2018). The implementation of character education values in integrated physical education subject in elementary school. SHS Web of Conferences, 42, 00045.
Sulistyowati, R., Slameto, S., & Dwikurnaningsih, Y. (2017). Pengembangan Model Pembinaan Sekolah Imbas Adiwiyata Berbasis Partisipasi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 97. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p97-108
Swearer, S. M., & Hymel, S. (2015). Understanding the Psychology of Bullying: Moving Toward a Social-ecological Diathesis-stress Model. American Psychologist, 70(4), 344–353. https://doi.org/10.1037/a0038929
Syamsuar, & Reflianto. (2019). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0. Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0, 6(2), 1–13.
Tayeb, T. (2017). Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(02), 48–55.
Worowirastri E., Dyah, Puji A ., Yuni, Wahyu PU., Ima, D. (2019). ELSE ( Elementary School Education Journal ). Elementary School Education Journal, 3(1), 93–103.
Zahara, S., Mulyana, N., & Darwis, R. S. (2021). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Menggunakan Media Sosial di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3(1), 105. https://doi.org/10.24198/jkrk.v3i1.32143
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v31i12022p049
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:
Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.