Revitalisasi Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini di Kelas Rendah Sekolah Dasar

Suryaman Suryaman, Hari Karyono

Abstract


Abstract: This study purpose is to describe the inculcation of character education at primary school. This research use qualitative descriptive approach. The subject is first grader SDN 3 Mangliawan, Malang. The data collection use observations, documentations, and interviews. The results showed that the inculcation of character education was integrated on lesson plan. These inculcated characters are religious, nationality, cooperation literacy, independent, and integrity. The teaching methods used are lectures, questions, assignments, games, and discussions. The shortcoming of the lesson plan is the literacy guidance and implementation that is under maximal. It is recommended to using relevant methods with primary school learners characteristics.

Keywords: character education, low grade, primary school

Abstrak: Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penanaman pendidikan karakter di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas I SDN 3 Mangliawan Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman pendidikan karakter dilaksanakan dengan mengintegrasikannya dalam RPP. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan yaitu religius, nasionalis, gotong royong, literasi, mandiri, dan integritas. Metode beajar yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, penugasan, permainan, dan diskusi. Kekurangan pada RPP adalah belum maksimalnya bimbingan dan pelaksanaan gerakan literasi. Disarankan penanaman pendidikan karakter di SD menggunakan metode yang relevan dengan karakteristik siswa.

Kata kunci: pendidikan karakter, kelas rendah, sekolah dasar


Keywords


pendidikan karakter, kelas rendah, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Ainiyah, N. 2013. Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 1(3).

Aman, S. & Isa, A. Q. 2014. Tasawuf Revolusi Mental Zikir Mengolah Jiwa & Raga. Banten: Penerbit Ruhama.

Asmani, J.M. 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Budiastuti, E. 2010. Strategi Penerapan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Praktek Busana. Makalah disajikan pada Seminar Nasional 2010 “Character Building for Vocational Education”, Jurusan PTBB, FT UNY, 5 Desember.

Chingos, M.M. & Peterson, P.E. 2011. It’s Easier to Pick a Good Teacher than to Train One: Familierand New Result on the Correlates of Teacher Effectiveness. Journal Economic of Education Review, 30, 449-465.

Chou, Mei-Ju., Yang, Chen-Hsin., & Huang, Pin-Chen. 2014. The Beauty of Character Education on Preschool Children’s Parent-Child Relationship. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 143,527-533.

Damayanti, D. 2014. Buku Wajib Guru: Paduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Araska.

Emiasih, D. 2011. Pengaruh Pemahaman Guru tentang Pendidikan Karakter terhadap Pelaksanaan Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Komunikats, 3(2), 216-226.

Fathurrohman, H.P., Suryana, A.A., & Fatriany, F. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refina Aditama.

Forrest, W.P. & Anctil, E.J. & Hass, G. 2010. Curriculum Leardership; Readings for Developing Quality Educational Program. Boston: Pearson Education, Inc.

Herdani, Y. 2010. Pendidikan Karakter Sebagai Pondasi Kesuksesan Peradaban Bangsa. (Online), (http://KOMPAS.com), diakses 7 September.

Jalal, F. 2010. Pendidikan Karakter Harus Segera Diintegrasikan di Sekolah. (Online), (http://bukuohbuku,wordpress,com/2010/09/01/pendidikan-karakter-harus-segera-di-integrasikan-di-sekolah), diakses 15 September.

Janis, R.B. 2006. Children’s Temperament: How Can Teachers and Classrooms be More Responsive. Early Child Development and Care, 88 (1), 53-59.

Jacques, S.B. 2008. Egocentrism in the Early Childhood Classroom. The Educational Forum, 45 (1), 113-120.

Jumarudin, Gafur A., & Suardiman, S.P. 2014. Model Pembelajaran Humanis Religius dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2 (2).

Kemendiknas. 2011. Pendidikan Karakter Bangsa: Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa Berkelanjutan (PPKBB). Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan Nasional.

Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, J. 2012. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kosim, M. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter. Jurnal KARSA, IXI (1).

Marilyn, W. 2012. The Child Development Project: Building Character by Building Community. Journal Action in Teacher Education, 20 (4), 59-69.

Marten, R. 2004. Successful Coaching (Edisi Ketiga). Champaign IL: Human Kinetics.

Mulyatiningsih, E. 2011. Analisis Model-Model Pendidikan Karakter untuk Usia Anak-anak, Remaja dan Dewasa. Yogyakarta: FE UNY

Nurgiyantoro, B. 2010. Sastra Anak dan Pembentukan Karakter. Cakrawala Pendidikan, Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY.

Ryan, K., & Bohlin, K.E. 1999. Building Character in Schools: Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life. San Francisco: Jossey Bass.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Simanjuntak, D. 2012. Pendidikan Karakter: Membentuk Karakter Unggul. Jurnal Pendidikan Penabur. 19(11).

Suparno, P., Koesomo, M.Y., Titisari, D. & Kartono, St. 2002. Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah: Sebuah Tinjauan Umum. Yogyakarta: Kanisius.

Suyanto. 2010. Model Pembinaan Pendidikan Karakter di Lingkungan Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Veugelers, W. 2008. Education and Humanism: Linking Autonomy and Humanity. Switzerland: Sense Publishers.

Vicki, E.L. 2007. Ante up: Reconsidering Classroom Management Philosophies so Ever Child is a Winner. Journal Early Chlidhood and Care, 174 (6), 565-574.

Winarni, S. 2013. Integrasi Pendidikan Karakter dalam Perkuliahan. Jurnal Pendidikan Karakter, III (1), 95-107.

Winton, S. 2010. Character Education: Implications for Critical Democracy. Journal of International Critical Chilhood Policy Studies, 1 (I).

Zuchdi, D. 2008. Humanisasi Pendidikan: Menemukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Zuchdi, D. 2012. Implementasi Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Makalah disajikan dalam Workshop Redesain Pendidikan Karakter, Fakultas Ilmu Pendidikan, UNY, 5 September.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v27i12018p010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

       


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats