Pengembangan Alat Cakram Bahan Acrylic untuk Pembelajaran Lempar Cakram pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Siti Nurrochmah, Supriatna Supriatna, Prasetyo Adi Utomo

Abstract


Abstract: The objective of the research is to develop an acrylic material discus tool on athletic learning especially discus throw at SDN Mulyorejo 3. Data obtained through interviews with physical education teachers of sports and health related to learning kasti. Obtained findings, learners have difficulty in performing athletic skills (discus throw). Evaluation result of athletic expert is obtained by 83,75%, learning expert is obtained by 80%, media expert is obtained by 77,5%, and small group trial (15 students) is obtained by 83,11%, and at large group trial (30 students) is obtained 89.88%, so the product is declared valid and suitable for use in learning physical education, sports and health

Keywords: learning media, discus throw, primary school.

Abstrak: Tujuan penelitian adalah mengembangkan alat cakram bahan acrylic pada pembelajaran atletik khususnya lempar cakram di SDN Mulyorejo 3. Data diperoleh melalui wawancara dengan guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan terkait pembelajaran kasti. Diperoleh temuan, peserta didik mendapatkan kesulitan dalam melakukan keterampilan atletik (lempar cakram). Hasil evaluasi ahli atletik diperoleh persentase 83,75%., ahli pembelajaran diperoleh persentase 80%, ahli media diperoleh persentase 77,5%, dan uji coba kelompok kecil (15 siswa) diperoleh persentase 83,11%, dan pada uji coba kelompok besar (30 siswa) diperoleh persentase 89,88%, sehingga produk dinyatakan valid dan layak digunakan pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.

Kata Kunci: media pembelajaran, lempar cakram, SD


Keywords


media pembelajaran, lempar cakram, SD

Full Text:

PDF

References


Amiq, F. 2013. Perbandingan Kesegaran Jasmani antara Anak Laki-laki dengan Perempuan Usia 6–9 pada Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Dasar:Kajian teori dan Praktik Pendidikan. 22 (2). 98-102.

Arikunto, S & Jabar. 2010. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa Dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Ed. Revisi. Jakarta: Rajawali Pers

Borg, W. R., & Gall, M. D. 1983. Educational Research An Introduction. New York: Longman Publishing.

BSNP. 2006. Standar Isi Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jakarta: BSNP.

Darsini, N. 1999. Pengelolaan Sarana Prasarana Rekreasi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Dwiyogo, W.D. 2010. Dimensi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Malang: Wineka Media.

Handayani, S. 2015. Peningkatan Profesional Guru Melalui Komunikasi Informal. Jurnal Sekolah Dasar. Vol. 24 (1). Hlm. 91-97.

Irtadji, M, Chusniyah, T & Rumidjan. 2014. Model Pelatihan Pembelajaran Kreatif bagi Guru Sekolah dasar. Sekolah Dasar:Kajian teori dan Praktik Pendidikan. 23 (2). 126-131.

Lusi, S. 2011. Pengembangan Media Cakram dari Bahan Conveyor Bekas pada Pembelajaran Lempar Cakram untuk Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Paiton Kabupaten Probolinggo.Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIK UM.

Mukhadis, A. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran Bidang Teknologi. Malang: Bayumedia Publisihing.

Muslim, D. A. 2014. Pengembangan Modifikasi Alat Cakram Bahan Rotan Untuk Pembelajaran Lempar Cakram Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 4 Situbondo. Skripsi tidak diterbitkan: Malang: UM.

Patty, R. 2015. Pengembangan Model Induktif Kata Bergambar pada Pembelajaran Menulis Permulaan di Kelas II SD. Sekolah Dasar:Kajian teori dan Praktik Pendidikan. 24 (2). 172-179.

Putra, A. Y. 2011. Pengembangan Media Cakram Dari Bahan Kayu Bekas Dengan Lapisan Almunium Pada Pembelajaran Lempar Cakram Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: UM.

Rumidjan, Sumanto, & A. Badawi. 2017. Pengembangan Media Kartu Kata untuk Melatih Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Sekolah Dasar:Kajian teori dan Praktik Pendidikan. 26 (1). 62-68.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v27i12018p069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

       


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats