Peran Orang Tua sebagai Pendidik dalam Keterampilan Berbicara Anak Usia SD dari Komunitas Sedulur Sikep
Abstract
This study aims to describe the role of parents as educators in children’s speaking skills from the Sedulur Sikep Community. This research is a qualitative descriptive study with research subjects namely 7 students of SDN 01 Klopoduwur who came from Karangpace Village and 4 parents. Data collection techniques use assessment of speaking skills, interviews, and documentation. The results showed that there was a role of parents in children’s speaking skills with 4 categories of children classified as highly skilled and 3 children in the skilled category.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua sebagai pendidik dalam keterampilan berbicara anak dari Komunitas Sedulur Sikep. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu 7 siswa SDN 01 Klopoduwur yang berasal dari Dusun Karangpace dan 4 orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian keterampilan berbicara, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peran orang tua terhadap keterampilan berbicara anak dengan 4 anak kategori tergolong sangat terampil dan 3 anak dalam kategori terampil.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga. Bandung: Rosda.
Horwitz, S. M., Irwin, J. R., Briggs-Gowan, M. J., Heenan, J. M. B., Mendoza, J., & Carter, A. S. (2003). Language delay in a community cohort of young children. Journal of the American Academy of Child & Adolescent Psychiatry, 42(8), 932-940.
Houser, D., List, J. A., Piovesan, M., Samek, A., & Winter, J. (2016). Dishonesty: From parents to children. European Economic Review, 82, 242-254.
King, K. A., Fogle, L., & Logan‐Terry, A. (2008). Family language policy. Language and linguistics compass, 2(5), 907-922.
Mardikantoro, H. B. (2012). Pilihan Bahasa Masyarakat Samin dalam Ranah Keluarga. Humaniora, 24(3), 345-357.
Nurgiyantoro, B. (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbagai Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28-37.
Rizqi, M. N., & Rini, H. S. (2015). Pendidikan Formal dalam Perspektif Sedulur Sikep (Studi Kasus pada Sedulur Sikep Desa Klopoduwur Kabupaten Blora). Solidarity: Journal of Education, Society and Culture, 4(2).
Roopnarine, J. L., Krishnakumar, A., Metindogan, A., & Evans, M. (2006). Links between parenting styles, parent–child academic interaction, parent–school interaction, and early academic skills and social behaviors in young children of English-speaking Caribbean immigrants. Early Childhood Research Quarterly, 21(2), 238-252
Sudikan, S. Y. (1996). Tradisi dari Blora. Blora: Citra Almamater
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, D. (1991). Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 1. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi (Universitas Terbuka).
Tarigan, H. G. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wardhani, P., Mulyani, M., & Rokhman, F. (2018). Wujud Pilihan Bahasa dalam Ranah Keluarga pada Masyarakat Perumahan di Kota Purbalingga. Jurnal Kredo, 1(2), 91-105
Widyatwati, K. (2017). Pengaruh Masuknya Budaya Populer terhadap Eksistensi Ajaran Sedulur sikep pada Masyarakat Samin. NUSA, 12(1), 137-146
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v28i12019p055
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:
Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.