Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas III SD

Yusiana Khoirun Nisa', Moh. Gufron

Abstract


Abstract: The aim of the study was to determine the effect of the Mind Mapping model on civic learning outcomes of third-grade elementary school students. Quasi-experimental method, with the nonequivalent design. The population of third-grade students of SDN 03 Jabalsari, IIIA as a control class of 15 students, and IIIB in the experimental class of 15 students. Mind Mapping treatment is given by the experimental group and conventional learning given the control class. The PKn learning outcomes of the experimental class students averaged 80.80 higher than the control class with a value of 64.27. The sig value (2-tailed) 0,000 <0,05 with a significance level of 5%. thing is 7,633 and table is 2,048. So that t count> t table 7,633> 2,048. It was concluded that there was the influence of the Mind Mapping model on the civic learning outcomes of third-grade elementary school students.

Keywords: learning outcomes, civic, mind mapping model

Abstrak: Tujuan penelitian mengetahui pengaruh model Mind Mapping terhadap hasil belajar PKn siswa kelas III SD. Metode eksperimen semu, dengan rancangan nonequivalen. Populasi siswa kelas III SDN 03 Jabalsari, IIIA sebagai kelas kontrol 15 siswa, dan IIIB kelas eksperimen 15 siswa. Mind Mapping perlakuan diberikan kelompok eksperimen dan pembelajaran konvensional diberikan kelas kontrol. Hasil belajar PKn siswa kelas eksperimen rata–rata 80,80 lebih tinggi dari kelas kontrol dengan nilai 64,27. Nilai sig (2-tailed) 0,000<0,05 dengan taraf signifikasi 5%. thitung sebesar 7,633 dan ttabel sebesar 2,048. Sehingga thitung> ttabel 7,633 > 2,048. Disimpulkan ada pengaruh model Mind Mapping terhadap hasil belajar PKn siswa kelas III SD.

Kata kunci: Hasil Belajar, PKn, Model Mind Mapping


Keywords


learning outcomes; civic; mind mapping model; Hasil Belajar; PKn; Model Mind Mapping

Full Text:

PDF

References


Uno, Hamzah. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran.Jakarta: PT Bumi Aksara

Buzan, T. 2012. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fatimah, Feti,dkk. 2013. Penggunaan Model Mind Mapping Dalam Penigkatan Pembelajaran PKn Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Kebumen: PGSD FKIP UNS.

Hartati, Suci. 2014. Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Globalisasi dengan Model Mind Mapping pada Siswa Kelas IV SDN Karangmalang 2 Ngawi Tahun Pelajaran 2014/2015. Vol 2. No 1. Tahun 2017. http:/jurnal.stkipngawi.ac.id/index.php/JIPE/article/view/192.Diakses pada tanggal 6 Agustus 201.

Hudojo, H. 1998. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti .

Irham, Muhamad dan Novan Ardy Wiyani. 2013. Psikologi Pendidikan. Jogyakarta : Ar-Ruzz Media

Kementrian Pendidikan Nasional. 2003. UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Kemdiknas.

Fahmi, Ahmad, dkk. 2014. Penggunaan Model Mind Mapping dalam peningkatan Pembelajaran PKn Pada Siswa Kelas IV SDN Ambalkliwonan. Kebumen: PGSD FKIP UNS.

Nurbaiti, Tiara. 2016. Penerapan Metode Mind Mapping untuk meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SDN 10 Metro Timur.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, N. 2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D: Jakarta: Alfabeta.

Undang–undang nomor 20.Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud.

Wahab, A.Z. & Sapriya. 2011. Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Widanti, Rina . 2014. Penerapan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Pokok Bahasan Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi Kelas IV SD Negeri Mumbulsari 01.Jember: Skripsi tidak diterbitkan.

Winataputra. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v27i22018p142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

       

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats