Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Frita Devi Asriyanti, Indah Sri Purwati

Abstract


The purpose of this study is to describe the faktors of learning difficulties in mathematics and analyze the faktors of learning difficulties in terms of the results of learning mathematics in fifthh grade elementary school students. This research uses a qualitative descriptive. Data collection techniques used a questionnaire instrument, observation guidelines, interviews, and documentation conducted during mathematics learning activities in Pagersari I Elementary School Tulungagung Regency. Data analysis techniques using triangulation techniques and observer perseverance. The data obtained are 55.93% internal learning difficulties and 59.2% external learning difficulties. Data analysis of learning outcomes obtained 36% of students have difficulty learning mathematics in the cognitive realm.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripiskan faktor kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika dan menganalisis faktor kesulitan belajar ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket, pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan pada saat kegiatan pembelajaran matematika di SDN Pagersari I Kabupaten Tulungagung. Teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi dan ketekunan pengamat. Data yang diperoleh yaitu faktor kesulitan belajar intern 55,93% dan faktor kesulitan belajar ekstern 59,2%. Data analisis hasil belajar diperoleh 36% siswa mengalami kesulitan belajar matematika pada ranah kognitif.


Keywords


factors of learning difficulties; learning outcomes; Faktor kesulitan belajar; hasil belajar; matematika; sekolah dasar.mathematics; elementary school;

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. dan Supriyono, W. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Alang, S. (2015). Urgensi Diagnosis Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal Bimbingan dan Penyuluhan Islam, 2(1).

Ambaryanti, R. (2013). Hubungan Intensitas Pendampingan Belajar Orang Tua dengan Kualitas Hasil Belajar Siswa di Ra Al-Islam Mangunsari 02 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(2).

Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa MIN Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 1-4.

Darjiani, N. N. Y., Meter, I. G., Negara, I. G. A. O., & Ke, S. P. M. (2015). Analisis kesulitan-kesulitan belajar matematika siswa kelas V dalam implementasi kurikulum 2013 di SD Piloting se-kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2014/2015. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1).

Duskri, M., Kumaidi, K., & Suryanto, S. (2014). Pengembangan Tes Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika di SD. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 44-56.

Evita, Z., Rahmi, R., & Efendi, Y. (2015). Analisis Faktor Kesulitan Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas VII MTs Batamiyah Batam. SIMBIOSA, 4(1).

Jamaris, M. (2009). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Jakarta: Yayasan Penamas Murni.

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(9), 280-289.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya

Murdiyanto, T., & Mahatama, Y. (2014). Pengembangan Alat Peraga Matematika Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Sarwahita, 11(1), 38-43.

Nofitasari, I., & Sihombing, Y. (2017). Deskripsi Kesulitan Belajar Peserta Didik dan Faktor Penyebabnya dalam Memahami Materi Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri 2 Bengkayang. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 7(1), 44-53.

Nursalam, N. (2016). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika: Studi Pada Siswa SD/MI Di Kota Makassar. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 19(1), 1-15.

Redja, M. (2010). Filsafat Ilmu Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Saribi. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 2(2), 201-212.

Satrianawati, S. (2017). Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 54-61.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta

Trisiah, A. (2019). Dampak Tayangan Televisi pada Pola Komunikasi Anak. Jurnal Inovasi, 13(1), 34-45.

Triyono, A. (2011). Identifikasi faktor penyebab kesulitan belajar matematika di kelas rendah SD Negeri Karangtengah 1 Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Skripsi tidak diterbitkan, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24-32.

Yeni, E. M. (2017). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (Jupendas), 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v29i12020p079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

       

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats