PENGEMBANGAN APLIKASI RUANG KULIAH ANDROID (ARKA) UNTUK MATAKULIAH PENELITIAN PENDIDIKAN SEJARAH

Aditya Nugroho Widiadi

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis aplikasi android yang dapat digunakan untuk matakuliah Penelitian Pendidikan Sejarah. Produk yang dihasilkan diberi nama Aplikasi Ruang Kuliah Android (ARKA). Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang diadaptasi dari Gall, Gall & Borg (2003). Prosedur pengembangan tersebut meliputi sepuluh tahap: (1) research and information collecting, (2) planning, (3) develop preliminary form of product, (4) preliminary field testing, (5) main product revision, (6) main field testing, (7) operational product revision, (8) operational field testing, (9)  final product revision dan (10) dissemination and implementation. Adapun dalam penelitian pengembangan ini hanya dilakukan sampai tahap ketujuh, dengan pertimbangan bahwa produk cukup digunakan untuk kepentingan perkuliahan dan tidak untuk diproduksi massal. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa produk ARKA layak digunakan untuk matakuliah Penelitian Pendidikan Sejarah berdasar pada serangkaian uji coba yang telah dilaksanakan. Pertama, berdasar uji coba lapangan awal (preliminary field testing) kepada 12 subjek coba menunjukkan bahwa produk ARKA dinyatakan valid dan layak digunakan dengan persentase 82%. Kedua, berdasar uji coba lapangan (main field testing) pada satu kelas perlakuan (n=41) yang menyatakan bahwa produk ARKA cukup valid dan layak digunakan dengan persentase 79%. Ketiga, berdasar hasil uji beda antara hasil belajar kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol dengan menggunakan uji Mann-Whitney menghasilkan nilai p = 0,002 (< 0,05), sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar mahasiswa yang menggunakan media ARKA dengan mahasiswa yang tidak menggunakan media ARKA.

Kata-kata kunci: aplikasi android, ARKA, Penelitian Pendidikan Sejarah

Abstract. This study aims to contribute to the learning media based on android application. This could be used to the module of Penelitian Pendidikan Sejarah (Research on History Education). The product is called by Aplikasi Ruang Kuliah Android (ARKA). This study uses the model of procedural development adopted from Gall, Gall & Borg (2003). The model consists of ten steps, dividing into: (1) research and information collecting, (2) planning, (3) develop preliminary form of product, (4) preliminary field testing, (5) main product revision, (6) main field testing, (7) operational product revision, (8) operational field testing, (9) final product revision, and (10) dissemination and implementation. Meanwhile, this study will work till the seventh step considering the produced product for the teaching and learning process and not for the mass production. The finding showed that the product of ARKA was appropriate to use for the module of Penelitian Pendidikan Sejarah based on some experiments. First, the researcher through using 12 subjects in the preliminary field testing showed that the ARKA was verified and proper-used with percentage of 82%. Second, the researcher through using the main field testing on the experimental class (n=41) showed that the ARKA was verified and proper-used with percentage of 79%. Third, considering the distinctive absorbed learning material between the experimental and control groups using the Mann-Whitney test producing the value p = 0,002 (<0,05), therefore this could be a significant distinction between the grade of students using the media of ARKA and between the grade of students who was not using the media of ARKA. 

Keywords: android application, ARKA, research on history education

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um020v10i12016p001


References


Anonim, 2014. Pengertian Aplikasi Mobile, (online), (http://elib.unikom.ac.id/files/ disk1/578/jbptunikompp-gdl-aamsitifat-28858-6-unikom_a-i.pdf), diakses 5 Maret 2014

Aqib, Z. 2014. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya

Dananjaya, U. 2013. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia

Gall, M. D., Gall, J. P. & Borg, W. L. 2003. Educational Research: an Introduction. Boston: Pearson Education

Mulyana, E. 2012. App Inventor: Ciptakan Sendiri Aplikasi Androidmu. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi

Pamuji, E. 2013. Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Andromath Berbasis Android. Yogyakarta: Amikom, (online), (http://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi _08.12.2980.pdf), diakses 4 Maret 2014.

Setyosari, P. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Suryani, N. & Agung, L. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Wikipedia. 2014. Aplikasi (online), (http://id.wikipedia.org/wiki/Aplikasi), diakses 5 Juni 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Aditya Nugroho Widiadi



Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jsb.journal@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya

P-ISSN 1979-9993
E-ISSN 2503-1147

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats 

Flag Counter