Survey Permasalahan Implementasi Kurikulum Nasional 2013 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama Di Jawa Timur

I Nyoman Ruja, Sukamto sukamto

Abstract


Abstrak: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan yang dihadapai guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam implementasi Kurikulum Nasional 2013 yaitu 1) belum siapnya guru-guru di lapangan dalam arti sosialisasi Kurikulum Nasional 2013 dan pelatihan-pelatihan terlalu singkat, sehingga guru merasa belum siap; guruguru mata pelajaran IPS berasaldari latar belakang salah satu disiplin ilmu, sehingga merasa kesulitan dalam mengajarkan Ilmu Pengetahuan Sosial; keterampilan penggunaan teknologi sebagian besar guru masih relatif rendah; fasilitas terkait dengan informasi dan teknologi yang tersedia di sekolah masih relatif terbatas; 2) Guru masih mengalami kesulitan dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaraan, walaupu sudah ada silabus dan buku guru; 3) Guru masih mengalami kesulitan dalam penilaian  atau evaluasi. Sementara, harapan-harapan yang ingin dicapai guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam penerapan Kurikulum Nasional 2013 adalah (1) perlunya penyederhanaan dalam penilaian; (2) untuk membuat tematik dibutuhkan sebuah tempat atau model yang

wujudnya nyata, misalnya laboratorium Ilmu Pengetahuan Sosial; (3) bagaimana memprioritaskan antara kedalaman materi dengan kemampuan berpikir siswa; (4) diharapkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang semula hanya 4 Jam Pelajaran bisa ditambah menjadi 6 Jam Pelajaran; (5) Perlunya menyamakan mindset tentang Kurikulum Nasional 2013.

Kata-kata kunci:  permasalahan, harapan, implementasi, Kurikulum Nasional 2013

 

Abstract. The findings show that the existed problems are faced by teachers of social  studies in implementing the 2013 national curriculum. Those are (1) the unpreparedness of teachers because of the short socialization of the 2013 national curriculum. The other reasons might be the teachers are come from the monodiscipline of science, the lack of technological competence, and the limited facilities of information and technology in school; (2) however the teachers have syllabi and the teacher’s guidance book but they still face a difficulty relating the lesson plan; and (3) teachers still face a difficulty in evaluating the learning outcome. In addition, the hopes of social studies teachers are (1) simplifying of the evaluation; (2) making the real model of learning such as social studies laboratory; (3) prioritizing the depth substance based on the student’s thinking skill; 4) adding the learning time from 4 hours to 6 hours; (5) synchronizing the mindset of teacher on the 2013 national curriculum.

Keywords: problem, hope, implementation, 2013 national curriculum    

References


Alawiyah, F. 2014. Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Info Singkat Kesejahteraan Sosial I(VI): 9-12.

David L. Grossman, Wing On Lee, dan Kerry J. Kennedy (eds.). (2008). Citizenship Curriculum in Asia and The Pacific. Hong Kong: CERC The University Hong Kong and Springer.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2012. Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Puskur-Kemendiknas.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Bahan Uji Publik Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahan Ajar Pengelolaan

Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Miles, M.B., & Huberman, A.M. 1992. Qualitative Data Analysis: an Expanded Source Book. Thousant

Oaks CA : Sage Publication Inc.

Stronge, J.H. (2006). Teacher evaluation and school improvement: improving the educational landscape. In

James H. Stronge (Ed.). Evaluating teaching. Thousand Oaks:

Crown Press.

Sari, A.R, dkk. 2014. Implementasi Kebijakan Kurikulum SMPN 10 di Kota Pontianak. Jurnal Tesis PMIS UNTAN PSIAN.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um020v9i22015p193-199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 I Nyoman Ruja, Sukamto sukamto



Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jsb.journal@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya

P-ISSN 1979-9993
E-ISSN 2503-1147

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats 

Flag Counter