MENDAYAGUNAKAN PENINGGALAN SEJARAH, MEWARISKAN HARMONI: KONTRUKSI MODEL HARMONI SOSIAL KEHIDUPAN MULTIETNIS MENGGUNAKAN TEKS ISTANA DALAM LOKA
Abstract
The meaning of social harmony in the Dalam Loka Palace is reflected in the layout and architecture of multi-ethnic city. The learning model research methods include problem analysis, formulating a draft model, expert validation, model revision stage 1, limited trial of the initial model, model revision stage 2, extensive trial, final revision, and model preparation. Through validation and testing, a suitable model has been produced to foster the harmony of multiethnic life. The uniqueness of the model is the partnership of the regent as regional leader and the sultan as the holder of the Samawa tradition and culture according to the regional motto of Sabalong Samalewa. With the uniqueness of the model, it is hoped that it can eliminate the potential for conflict through the implementation of policies on internal and external factors of the model in development in the area concerned, which touches various aspects of multi-ethnic life.
Makna kerukunan sosial di Keraton Dalam Loka tercermin dalam tata ruang dan arsitektur kota multietnis. Metode penelitian model pembelajaran meliputi analisis masalah, merumuskan rancangan model, validasi ahli, revisi model tahap 1, uji coba terbatas model awal, revisi model tahap 2, uji coba ekstensif, revisi akhir, dan penyusunan model. Melalui validasi dan pengujian, dihasilkan model yang cocok untuk membina kerukunan hidup multietnis. Keunikan model tersebut adalah kemitraan bupati sebagai pemimpin daerah dan sultan sebagai pemegang tradisi dan budaya Samawa sesuai semboyan daerah Sabalong Samalewa. Dengan keunikan model tersebut, diharapkan dapat menghilangkan potensi konflik, melalui penerapan kebijakan faktor internal dan eksternal model dalam pembangunan di daerah yang menyentuh berbagai aspek kehidupan multi etnis
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Borg, W. R. dan Gall, M. D. 1983. Educational Research: An Introduction. London: Longman,Inc.
Fisabilillah. 2018. Pemimpin yang Tidak Melawan Arus (Sejarah Pemikiran Sultan Muhammad Kaharuddin III). Sumbawa Besar: Pajenang - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumbawa.
Harris, M. 1984. Kemunculan Teori Antropologi Jilid 2. Terjemahan Hasiym Awang. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka Kementerian Pelajar Malaysia
Iskandar. 2010. Konflik Etnis Samawa dan Bali, (Online), ((M N L Khakim dkk., 2021)), diakses 21 April 2015.
Ismain, K. 2019. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dari Harmoni Kehidupan Multi Etnis di Kesultanan Sumbawa”. Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, Vol. 13 No. 2, hlm. 206-216.
Khakim, M. N. L., Insani, N., Anggraeni, R. M., dan Lailah, E. T. N. 2020. Review of Tourism Geography to Preservation of Barong Ider Bumi Cultures in Banyuwangi Regency Indonesia. Journal of Indonesian Tourism and Development Studies, Vol. 8, No. 3, hlm. 7.
Khakim, M. N. L., Ramadhan, D. D. N., Dhieba, F., dan Putri, Y. S. K. 2020. “Kegiatan Perawatan dan Pengenalan Wisata Situs Sejarah pada Zaman Kolonial Makam Dinger di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu”. Jurnal Praksis dan Dedikasi, Vol. 1, No. 3, hlm. 6-10.
Khakim, M. N. L., Sulistyo, W. D., Yuliati, Hudiyanto, R. R., dan Afhimma, I. (2021). Historical learning based on outdoor learning and environmental insight as implementation of the utilization of Gua Suci sites in Tuban. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 747(1), 012050. https://doi.org/10.1088/1755-1315/747/1/012050
Khakim, Moch. N. L. 2018. Kesadaran Sejarah Dalam Novel ‘Menunggu Beduk Berbunyi’ Hamka (1950) Sebagai Pengembangan Materi Ajar Sejarah Indonesia Modern. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, Vol. 1, No. 2, hlm. 163–175.
Khakim, Moch. N. L., Fabian, Alwi, Prasetiyo, Gusmaro Yoga, & Mutiara, Shinta. 2019. Museum Musik Indonesia sebagai Wisata Edukasi di Kota Malang. Jurnal Pendidikan Sejarah, Vol. 8, No. 1, hlm. 67–78.
Marzali, A. 2003. ‘Perbedaan Etnis dalam Konflik: Sebuah Analisis Sosio Ekonomi terhadap Kekerasan di Kalimantan”, dalam Murni Jamal(ed). Konflik Komunal Indonesia Saw mi. Leiden-Indonesia: INIS dan PBB.
Purnama (2013, http://www.politik.lipi.go.id/kolom/kolom-1/politik-lokal/783-rusuh-sumbawa-dan-peran-lembaga-adat, diakses tgl 26 Nopember 2019
Suparlan. 2010. Hak Budaya Komuniti dan Integrasi Kebangsaan. http://etnobudaya.net/2010/11/11/hak-budaya-komuniti-dan-integrasi-kebangsaan/. Diakses tanggal 10 November 2019
Suyitno, I. 2015. Pendekatan Budaya dalam Pemahaman Perilaku Budaya Etnik. Makalah dalam Prosiding International Conference Contribution of History for Social Sciences And Humanities (ISBN: 978-602-7150-65-2). Malang: Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.
Zuhdi. 2014. Identitas, Sejarah, dan Pendidikan Sejarah di Indonesia. Makalah dalam Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Sejarah di Tengah Perubahan (ISBN: 978-602-71506-1-4). Malang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang
Kompas.com
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um020v15i22021p377-390
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312,
email: jsb.journal@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya
P-ISSN 1979-9993
E-ISSN 2503-1147
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.