THE CLINIC OF HISTORY LEARNING BASED ON INTERACTIVE WEBSITE: VIRTUAL COMMUNICATION MEDIA FOR COLLEGE’S STUDENTS

Slamet Sujud Purnawan Jati, Deny Yudo Wahyudi

Abstract


Kegiatan kepenasehatan di Jurusan Sejarah Universitas Negeri Malang selama ini dilakukan secara konvensional dan seringkali menimbulkan berbagai masalah. Hal ini ditambah dengan kesibukan dosen dalam menjalankan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang membuat mereka memiliki sedikit waktu untuk membimbing mahasiswa. Kurangnya waktu bimbingan menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa. Pengembangan klinik pembelajaran berbasis website interaktif untuk mahasiswa dapat menjadi solusi untuk kedua pihak baik mahasiswa maupun dosen. Melalui klinik ini, dosen-dosen dan mahasiswa-mahasiswa dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan satu dan lainnya. Kinik ini diharapkan dapat membantu jurusan untuk memecahkan masalah akademik dan non-akademik.


Event advisory is conducted by a lecturer and students in the Department of History Universitas Negeri Malang as long as done in a conventional situation that often causes various problems. Lecturer’s activity in Tridharma College’s leads them to have a few of time to guide the students. The lack of student’s guidance becomes one of the obstacles that students have. The development of history learning clinic based on interactive website for the students can be a solution for both students and lecturers. Through the clinic, lecturers and students can interact and communicate each other. This clinic is expected to be able to help the department to solve both academic and non-academic problems.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um020v12i12017p60


Keywords


klinik pembelajaran, website interaktif, komunikasi virtual

Full Text:

PDF

References


Ali, M. & Asrori, M. 2014. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Borg, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational Research: An Introduction. (4th ed). New York & London: Longman.

Darmawan, D. 2012. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi: Teori dan Aplikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fakultas Ilmu Sosial. 2015. Prosedur Operasional Baku (POB). Tidak Diterbitkan Malang: FIS-UM.

Frost, C.A. 2015. What is Virtual Communication Technology. https://www.techwalla.com/articles/what-is-virtual-communication-technology.

Jurusan Sejarah. 2015. Borang Akreditasi Jurusan Sejarah. Tidak Diterbitkan. Malang: FIS-UM.

Kadir, A. & Triwahyuni, C.T. 2013. Pengantar Teknologi. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Mishra, S & Sharma, R.C. 2005. Interactive Multimedia in Education and Training. Hershey P.A: Idea Group Publishing.

Nasrullah, R. 2014. Cybermedia. Jakarta: Kakilangit Kencana.

Oka, G.P.A, & Tastra, I.D.K. 2015. Massive Open Online Course Web: Pembelajaran Masa Depan. Yogyakarta: Teknosain.

Rusman, Kurniawan, D. & Riyan, C. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Soon, W. 2014. Virtual Communication in Global Teams. New York: Cornell University. Vorkspace.com/blog/index.php/virtual-communication-in-global-teams-a-cornell-study-part-1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Slamet Sujud Purnawan Jati, Deny Yudo Wahyudi



Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jsb.journal@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya

P-ISSN 1979-9993
E-ISSN 2503-1147

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats 

Flag Counter