PITUTUR SINANDI UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER ANAK BERDASARKAN BUDAYA JAWA TIMUR INDONESIA

Yatimmatul Islammia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencermati pendidikan karakter pada anak melalui budaya pitutur sinandi, adapun hal yang teramati: (1) proses pendidikan karakter oleh orang tua terhadap anak melalui pitutur sinandi, (2) proses terbentuknya karakter anak melalui pitutur sinandi, (3) nilai-nilai karakter yang terkandung dalam pitutur sinandi, dan (4) dampak dari pitutur sinandi terhadap karakter anak. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Analisis data yang digunakan yaitu model Spradley. Data penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) salah satu media yang digunakan dalam pendidikan karakter di Desa Kendalrejo adalah pitutur sinandi ora ilok yang diucapkan kepada anak-anak sejak usia dini, (2) pitutur sinandi biasanya diawali dengan kata “ora ilok” yang berarti tidak baik, (3) Pitutur sinandi ora ilok terbagi menjadi dua, yaitu pitutur sinandi yang menyertakan akibat dan pitutur sinandi yang tidak menyertakan akibat.


Keywords


pendidikan karakter, anak usia dini, pitutur sinandi

References


Cleveland, Laroch and Hallab, Globalization, culture, religion, and Values Comparing Cosumption Patterns of Lebanese Muslims and Christians, (Journal of Busineasse Reserac, Vol. 66, 2013), h. 958-967

Lauree Beth Studje, Nuts and Bolts of Character Education (Oklahoma: Character First, 2010), h. 3James. P. Spradley:participant observation. New York: holt, Rinehart, and Wisnton, 1980.

Margaret Spellings, Helping Your Children Communitu Food Drive (Washington U.S. Departemen of Education, 2005), h. 1

Masnipal, Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional (Jakarta: 2013), p. 247.

Nyoman Kutha Ratna, Peranan Karya Satra, Seni, dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Pedoman Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini, Jakarta: Direktorat Pembinaan PAUD, 2012.

Pranoyo, Y., Sugiyo, S., Hong, J, Young Children Character Development through Javanese Traditional Game, (Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, , Vol 1, 2014), h. 55

Rukiyati Sugiyo, L. Andriani Purwastuti, “Local Wisdom-Based Character Education Model in Elementary School in Bantul Yogyakarta Indonesia” Journal of Sino-US English Teaching, Vol. 14, No. 5, 2017.

Suharsimi arikunto, prosedur penelitian suatu pendekatan praktik (edisi revisi VI) (Jakarta:Rineka Cipta, 2006), h. 102

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (mix method). Bandung:Alfabeta, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 yatimmatul Islammia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jsb.journal@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya

P-ISSN 1979-9993
E-ISSN 2503-1147

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats 

Flag Counter