ANALISIS KEPEMIMPINAN SISWA DALAM PENERAPAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI DAN SIMULASI PADA PEMBELAJARAN SEJARAH
Abstract
Penelitian ini berfokus pada penerapan media permainan monopoli dan simulasi. Tujuannya agar pembelajaran sejarah di kelas lebih bermakna dan diminati oleh peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan monopoli dan simulasi meningkatkan ketertarikan siswa pada materi sejarah dan kepemimpinan siswa terlihat dari indikator sikap bertanggungjawab, cinta tanah air, pemberani, dan menepati janji.
This research focuses on monopoly and simulation game media applications. The aim is to make classroom historical learning more meaningful and attractive to students. Research method used in this study is qualitative. Data collection techniques are carried out through interviews, observation, and documentation. The study resulted show that monopoly and simulation game media increases students interest in material from history and student leadership, judging from the indicators by: responsibility, love the fatherland, courage, and keeping promise.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarata: Rajawali Press.
Chabib, Moh dkk. 2017. Efektivitas Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Sebagai Sarana Belajar Tematik SD. Dalam Jurnal Pendidikan Volume 2 Nomer 7.
Moleong, Lexy. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nawawi, Hadari. (2006). Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Owens, Robert G. (1995). Organizational Behavior in Education. Manchester: Ally and Bacon.
Priatmoko, Saptarini. 2012. Penggunaan Media Sirkuit Cerdik Berbasis Chemo-Edutainment dalam Pembelajaran Larutan Asam Basa. Dalam Jurnal Pendidikan IPA JPII 1.
Rasyid, M. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia dalam Konsep Sistem Indera pada Siswa Kelas XI SMA. Dalam Jurnal Pendidikan Biologi Volume 7 Nomer 2.
Sayono, L. (2006). Panduan PPL Pendidikan Sejarah. Jurusan Sejarah Universitas Negeri Malang.
Setia Hati, Emi. 2016. Pengembangan Media Permainan Mistery Adventure Sebagai Media dalam Pembelajaran Materi Sistem Pencernaan Makanan untuk Melatih Keterampilan Komunikasi Lisan Siswa. Dalam Jurnal Pendidikan Volume 2 Nomer 1.
Siswantoro. (2010). Metode Penelitian Sastra: Analisis Struktur Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sudarwan, Damin. 2013. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Pengembangan. Bandung: ALFABETA.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Weil, Joyce, & Calhoun. (2009). Model of Teaching: Model-Model Pengajaran: Edisi ke delapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yusuf, Yasin dan Aulia Umi. 2011. Sirkuit Pintar Melejitkan Kemampuan Matematika dan Bahasa Inggris dengan Metode Ular Tangga. Jakarta: Vismedia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312,
email: jsb.journal@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya
P-ISSN 1979-9993
E-ISSN 2503-1147
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.