Survival Life TK 'Aisyiyah I Ambon: TK ABA Tertua di Provinsi Maluku

Suswandari Suswandari, Laely Armiyati, Ummu Sa'idah

Abstract


‘Aisyiyah is an organization which has many contributions in early childhood education, one of them is building TK ‘Aisyiyah Busthanul Athfal (ABA). This research aims to find the first TK ABA (‘Aisyiyah kindergarten) in Maluku Province. The method of the research is historical methods which have four steps which are first, a heuristic is a process collecting data by using the interview and observation to school manager and Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Maluku. Secondly, Verification is a process of source criticism which evaluating the qualities of an information source using intern and extern criticism. Thirdly, interpretation is a process to analyze the source based on historical evidence. The last step is historiography is the process to develop a narrative exposition of the findings. The result shows that TK Islam (which was built in 1952) is the forerunner of the first ‘Aisyiyah kindergarten in Ambon City, namely TK ‘Aisyiyah I (1972). Despite being in a conflict area, TK ‘Aisyiyah I can maintain multicultural values in many ways, one of them is accepting students from other ethnicities and religions.

 

‘Aisyiyah adalah organisasi yang telah lama berkecimpung dalam dunia pendidikan anak usia dini, salah satunya dengan mendirikan TK ‘Aisyiyah Busthanul Athfal (ABA). Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri TK ‘Aisyiyah tertua di Provinsi Maluku. Penelitian menggunakan metode sejarah yaitu pertama heuristik, yaitu pengumpulan data dengan menelusuri sumber melalui wawancara dengan pengurus TK dan PWA Maluku, serta penelusuran dokumen. Kedua Verifikasi yaitu proses mengevaluasi kualitas sumber informasi dengan menggunakan kritik intern dan ekstern. Ketiga interpretasi yaitu proses analisis data sejarah menggunakan pendekatan multidisiplines. Dan Keempat Historiografi yaitu penulisan data dari hasil interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Islam (berdiri tahun 1952) adalah cikal bakal TK ‘Aisyiyah pertama di Kota Ambon yaitu TK ‘Aisyiyah I (1972). Meskipun berada di daerah konflik, TK ‘Aisyiyah I berkembang menjadi TK yang multikultur karena murid TK ini berasal dari berbagai etnis dan agama.


Keywords


TK ‘Aisyiyah Busthanul Athfal (ABA), Sejarah TK, Maluku

References


Buku dan Jurnal

Aksa, A. (2017). Peran Majalah SM dalam Sejarah Muhammadiyah Ambon. Retrieved February 10, 2019, from http://www.suaramuhammadiyah.id/2017/02/22/peran-majalah-sm-dalam-sejarah-muhammadiyah-ambon/

BPS. (2018). BPS Provinsi Maluku Tahun. Retrieved February 10, 2019, from www.maluku.bps.go.id

Candrawati, S. D. (2015). Rubrik Opini Majalah Walida.

Clark, E. A., & Gottschalk, L. (1951). Understanding History: A Primer of Historical Method. The Hispanic American Historical Review. https://doi.org/10.2307/2509437

Darban, A. A. (2010). ‘Aisyiyah dan Sejarah Pergerakan Perempuan Indonesia: Suatu Tinjauan Awal. Yogyakarta: Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada.

Dzuhayatin, S. R. (2009). Menakar “ Kadar Politis” Aisyiyah, dalam. Jurnal Studi Gender Dan Anak Yin Yang, Volume 4 N.

Handoko, W. (2007). Asal-Usul Masyarakat Maluku, Budaya dan Persebarannya: Kajian Arkeologi dan Mitologi. Kapata Arkeologi Balai Arkeologi Modern., Volume 3 N.

Jayanti, L. (2019). Kontribusi ‘Aisyiyah dalam Bidang Sosial Keagamaan di Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 1937-2018). IAIN Bengkulu.

Kartodirdjo, S. (1982). Pemikiran dan Perkembangan Historiografi Indonesia Suatu Alternatif. Jakarta: Gramedia.

Kuntowijoyo. (2003). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: CV. Tiara Wacana.

LIPI. (2011). Pengelolaan Konflik di Indonesia – Sebuah Analisis Konflik di Maluku, Papua dan Poso. Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Miftahulhaq. (2017). Strategi Pelaksanaan Dakwah ‘Aisyiyah melalui Pendekatan Pembangunan Masyarakat Lokal. Jurnal Al Hikmah, Volume 3 N.

Nashir. (2010). Muhammadiyah Gerakan Pembaruan. Jakarta: Suara Muhammadiyah.

Puar, Y. A. (1989). Perjuangan dan Pengabdian Muhammadiyah. Jakarta: Pustaka Antara.

Setyowati, M. dan H. N. (2011). Srikandi-srikandi ‘Aisyiyah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Suswandari. (2014). Berbincang tentang Perempuan dan Pendidikan untuk Kesetaraan Gender. Jakarta: Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak [P2TP2A].

Wawancara Bariyah 31 Mei 2019. (2019).

Widja, I. . (1988). Pengantar Ilmu Sejarah, Sejarah dalam Perspektif Pendidikan. Semarang: Satya Wacana.

Website

Aksa, A. (2017). Peran Majalah SM dalam Sejarah Muhammadiyah Ambon. Retrieved February 10, 2019, from http://www.suaramuhammadiyah.id/2017/02/22/peran-majalah-sm-dalam-sejarah-muhammadiyah-ambon/

Abu Aksa. 2017. Peran Majalah SM dalam Sejarah Muhammadiyah Ambon. Dalam http://www.suaramuhammadiyah.id/2017/02/22/peran-majalah-sm-dalam-sejarah-muhammadiyah-ambon/, diakses pada 10 Februari 2019.

BPS Provinsi Maluku Tahun 2018, dalam www.maluku.bps.go.id.

Raditya, I. N. (2017). Keruwetan Perang Ternate-Portugis vs Tidore-Spanyol. Retrieved March 12, 2019, from https://tirto.id/keruwetan-perang-ternate-portugis-vs-tidore-spanyol-czsX,

Wawancara

Wawancara Hj. Nun, 1 April 2019.

Wawancara Ummu Saidah, 31 Mei 2019.

Wawancara Bariyah 31 Mei 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um020v13i22019p142-153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jsb.journal@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya

P-ISSN 1979-9993
E-ISSN 2503-1147

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats 

Flag Counter