HUBUNGAN MINAT MEMBACA BUKU TEKS, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PEMBELAJARAN SEJARAH

Mega Tri Lestari, Musa Pelu, Nur Fatah Abidin

Abstract


This article aims to analyze the relationship between reading interest of textbooks, independence of learning, and cognitive learning outcomes of students in history learning. The ex-post facto based on the quantitative approach was used as the research method. The population in this research was eleventh-grade students in State Senior High School Kebakkramat with a total sample of 78 students taken by simple random sampling. Data collection techniques were questionnaires and documents. The results of the research showed that (1) there was a positive and significant relationship between reading interest and students' historical cognitive learning outcomes; (2) there was a positive and significant relationship between learning independence and students' historical cognitive learning outcomes; and (3) there was a relationship between reading interest and learning independence simultaneously with students' historical cognitive learning outcomes. Based on the results, it can be pointed out that the reading interest and independence should be improved through appropriate learning sources and models to enhance students' cognitive learning outcomes.

 

 Artikel ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara minat baca buku teks, kemandirian belajar, dan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran sejarah. Metode penelitian yang digunakan adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri Kebakkramat dengan jumlah sampel 78 siswa yang diambil secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dengan hasil belajar kognitif sejarah siswa; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar kognitif sejarah siswa; dan (3) ada hubungan antara minat baca dan kemandirian belajar secara simultan dengan hasil belajar kognitif sejarah siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikemukakan bahwa minat dan kemandirian membaca perlu ditingkatkan melalui sumber dan model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.


Keywords


learning independence; reading interest; cognitive learning outcomes.

Full Text:

PDF

References


Astuti, R., & Hisyam, D. (2012). Hubungan kemandirian belajar dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 12(1), 26–38. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/efisiensi.v12i1.3865

Ayu, S., & Nurafni, N. (2022). Dinamika learning Loss Materi KPK dan FPB di Masa Kebiasaan Baru. Jurnal Basicedu: Journal of Elementary Education, 6(4), 6097–6109.

Darmono, S. D. (2007). Perpustakaan sekolah: Pendekatan aspek manajemen dan tata kerja. In Jakarta: Grasindo.

Hidayah, A. K. S. (2016). Pengaruh kemandirian belajar, minat baca, dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Klaten tahun ajaran 2015/2016. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hidayati, K., & Listyani, E. (2010). Pengembangan instrumen kemandirian belajar mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(1).

Khairuddin, Z. (2013). A study of students’ reading interests in a second language. International Education Studies, 6(11), 160–170. https://doi.org/10.5539/ies.v6n11p160

Kinanti, L. P., & Sudirman, S. (2018). Analisis kelayakan isi materi dari komponen materi pendukung pembelajaran dalam buku teks mata pelajaran sosiologi kelas XI SMA Negeri di Kota Bandung. Sosietas: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 7(1), 341–345. https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i1.10347

Lani, C. M., Imron, A., & Basri, M. (2017). Hubungan Minat Membaca Buku Sejarah Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah. PESAGI (Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah), 5(5).

Maulyda, M. A., Erfan, M., & Hidayati, V. R. (2021). Analisis situasi pembelajaran selama pandemi Covid-19 di SDB senurus: kemungkinan terjadinya learning loss. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(3), 328–336.

Melvin, T., & Surdin, S. (2017). Hubungan Antara Disiplin Belajar Di Sekolah Dengan Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 1(2), 1–14.

Pebriansyah, Binasar, S. S., & Silondae, D. P. (2019). Hubungan minat membaca dengan kemandirian belajar siswa SMPN 1 Ladongi. Jurnal Belajar Bimbingan Konseling (BENING), 3(2), 81–90. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/bening.v3i2.10710

Rahim, F. (2007). Pengajaran membaca di sekolah dasar. Bumi Aksara.

Saefullah, A., Siahaan, P., & Sari, I. M. (2013). Hubungan antara sikap kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa kelas X pada pembelajaran fisika berbasis portofolio. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 1(1), 26–36.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta.

Sunarti, S. R. (2014). Penilaian dalam kurikulum 2013 membantu guru dan calon guru mengetahui langkah-langkah penilaian pembelajaran. CV Andi Offset.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana Prenadamedia Group.

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik kelistrikan otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111–120.

Wijaya, R. S. (2015). Hubungan kemandirian dengan aktivitas belajar siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, 1(3), 40–45.

Yusiana, U., & Prasetya, S. P. (2022). Pengembangan media e-comic terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Dialektika Pendidikan IPS, 1(1), 23–33.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v5i1p49-57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index 

E-ISSN 2622-1837

   

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats