TEKNIK PERMAINAN BALOGO DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER KERJA KERAS PADA SISWA SMP

Akhmad Sugianto

Abstract


Karakter kerja keras adalah kegiatan yang dikerjakan secara sungguh-sungguh tanpa mengenal lelah atau berhenti sebelum target kerja tercapai dan selalu mengutamakan atau memperhatikan kepuasan hasil pada setiap kegiatan yang dilakukan. Tujuan penulisan adalah memberikan stimulus kepada pembaca untuk melakukan penelitian dengan menggunakan judul ini sehingga terbukti studi literaturnya. Kerja keras dapat ditingkatkan dengan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan balogo. Permainan balogo dimainkan oleh anak-anak dan remaja yang dimainkan oleh 2-6 orang baik.Penulisan menggunakan metode literature. Metode literature adalah kajian yang dibaca oleh penulis dari berbagai referensi yang relevan dengan judul penulisan ini misalnya buku, e-book, jurnal & makalah.

Keywords


permainan balogo; bimbingan kelompok; karakter kerja keras

Full Text:

PDF

References


Tirtarahardja, U. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Vacc, N. & Loesch, L. C. (1987). Counseling As A Profession. Muncie: Accelerated Development Inc.

Koesoema, D. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT Grasindo

Wiyani, N. A. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pedagogia

Rofi’e, I. (2011). Game Edukatif di Dalam dan Luar Sekolah. Yogyakarta: Diva Press

Kurniati, E. (2011). Program Bimbingan untuk Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradsional. (Skripsi tidak diterbitkan) Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Soenarto (dkk).(1981). Permainan Rakyat Daerah Kalimantan Selatan. Banjarmasin: Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta: Predana Media Group.

Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Halida, R. (2007, 23-1-2017). Mayoritas Siswa-Mahasiswa Menyontek. Litbang Media Group. http://www.sampoernafoundation.org/content/view/699/48/lang.id/

Klausmeier, H.J. (1985). Educational Psychology.5th ed. New York: Herper & Row

Gibson, R. L. & Mitchel, M. H. (2011). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Tohirin. (2011). Bimbingan dan Konseling Di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.