Pengembangan Trainer Instalasi Motor Listrik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan
Abstract
Tujuan penelitin ini untuk mengembangkan trainer yang dilengkapi dengan jobsheet sebagai media pembelajaran, mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran trainer dan jobsheet pembelajaran serta mengetahui tingkat efektivitas media pembelajaran instalasi motor listrik dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan research and development (R&D) model ADDIE dengan sampel sebanyak 25 siswa menggunakan teknik purposive random sampling. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan angket dengan empat pilihan jawaban untuk ahli media pembelajaran trainer dan ahli materi pembelajaran untuk jobsheet pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh yaitu tingkat kelayakan media pembelajaran trainer instalasi motor listrik mendapatkan nilai rata-rata skor x sebesar 66 dengan kategori sangat layak, tingkat kelayakan jobsheet pembelajaran instalasi motor listrik mendapatkan nilai rata-rata skor x sebesar 62,6 dengan kategori sangat layak; tingkat efektivitas media pembelajaran mendapatkan nilai skor n-gain sebesar 0,68 dengan kategori efektivitas sedang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, R., Suprianto, B., 2016. Pengembangan trainer mikrokontrol berbasis atmega 16 dengan menerapkan aplikasi kit sensor ultrasonic dan kit sensor infra red sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran teknik mikroprosessor di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 05, 333–338.
Branch, R.M., 2009. Instructional design : the ADDIE approach.
Darmawan, I.A., Budiyanta, N.E., Aribowo, D., Fatkhurokhman, M., Hamid, M.A., Guntara, Y., Nurhaji, S., 2020. Electricity course on vocational training centers: a contribution to unemployment management. Journal of Physics: Conference Series 1456.
Fajrillah, F., Sulaiman, O. K., Hamid, M.A., Simanihuruk, L., Simarmata, J., Hasibuan, M. S., ... & Guci, D. A. (2020). MOOC: Platform Pembelajaran Daring di Abad 21. Yayasan Kita Menulis.
Fransisca, M., 2017. Pengujian Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas Media E-Learning di Sekolah Menengah Kejuruan. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro 2, 17. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1091
Gundara, G., Riyadi, S., 2017. Rancang bangun mesin parut kelapa skala rumah tangga dengan motor listrik 220 Volt. Turbo : Jurnal Program Studi Teknik Mesin 6. https://doi.org/10.24127/trb.v6i1.461
Hake, R.R., 1999. Analyzing Change/Gain Scores.
Hamid, M., Nurtanto, M., Fawaid, M., 2018. The Analysis of Learning Implementation Plan in Vocational Subjects Based on 2013 Curriculum. Innovation of Vocational Technology Education 14, 17. https://doi.org/10.17509/invotec.v14i1.11042
Hamid, M.A., 2016. Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis TIK pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro 1, 37–46. https://doi.org/10.30870/volt.v1i1.822
Hamid, M.A., Aribowo, D., Desmira, D., 2017. Development of learning modules of basic electronics-based problem-solving in Vocational Secondary School. Jurnal Pendidikan Vokasi 7, 149. https://doi.org/10.21831/jpv.v7i2.12986
Hamid, M.A., Permata, E., Aribowo, D., Darmawan, I.A., Nurtanto, M., Laraswati, S., 2020. Development of cooperative learning based electric circuit kit trainer for basic electrical and electronics practice. Journal of Physics: Conference Series 1456.
Hidayat, A., Ananta, H., 2019. Development of electric motor operation trainer based smart relay as a learning media of Vocational High School. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro 4. https://doi.org/10.30870/volt.v4i1.5217
Hidayaturrohman, M., Aribowo, D., Hamid, M.A., 2020. Pengembangan Sistem Informasi Perkuliahan Berbasis Android di Prodi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO) 5, 49–54. https://doi.org/10.25273/JUPITER.V5I1.6225
Huzaini, Y.N., Yusro, A.C., Purwandari, P., 2019. Pengembangan Trainer KIT Kontrol Motor Listrik Berbasis Kontaktor untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO) 4, 30–34. https://doi.org/10.25273/JUPITER.V4I2.5165
Indra, Suryanto, D., Ali, M., 2018. The development of universal trainer of electric motor speed regulator for electric motor installation subjects. Prodi Pendidikan Teknik Elektro 8, 220–226.
Mardapi, D., 2017. Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Prama Publishing, Yogyakarta.
Muslim, S., Wrahatnolo, T., Handayani, S., Rahmadyanti, E., Kusumawati, N., Joko, J., 2018. Development Of Electrical Motor Control Learning Media As Learning Support For Electrical Power Installation Courses In The Department Of Electrical Engineering. Journal of Educational Science and Technology (EST) 1, 170. https://doi.org/10.26858/est.v1i1.7278
Nurtanto, M., Fawaid, M., Nurhaji, S., Kholifah, N., Hamid, M.A., Purmadi, A., Yasdin, Y., Sukmara, Sony, Widjanarko, D., El Islami, R. Ahmad Zaky, Handoyono, N.A., Rabiman, R., 2019. Information media literacy to improve working concept comprehension of ignition system with contact breaker through problem-based learning, in ICOSS. Denpasar. https://doi.org/10.4108/eai.21-9-2018.2281183
Nurtanto, M., Ramdani, S.D., 2016. Menyiapkan Pendidikan Kejuruan Berbasis Kearifan Lokal yang Berdaya Saing. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro 1, 59–66. https://doi.org/10.30870/volt.v1i1.856
Pratama, H., 2018. Pengembangan Trainer Pengontrolan Elektromagnetik Pada Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di Smk Negeri 2 Peureulak – Aceh Timur. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro 2. https://doi.org/10.22373/crc.v2i1.3249
Purwanto; Ganefri; Nurhasan Syah, 2018. Pengembangan modul dan trainer menggunakan motor DC berbasis atmega 16 pada pembelajaran instalasi motor listrik. jurnal pendidikan teknologi kejuruan 1, 59–66.
Putra, B.T., 2018. Pengembangan media trainer dan jobsheet pengasutan dan pengereman motor listrik AC 3 fasa pada mata pelajaran instalasi motor listrik di SMK Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 07, 327–331.
Putro, S., 2016. Analisis kebutuhan energi proses penggilingan kedelai dengan penggerak mesin diesel dan motor listrik pada industri tahu | Directory of Open Access Journals. media mesin: jurnal ilmiah teknik mesin 17, 23–33.
Rachmawan, A.I., Muslim, S., Suprianto, B., 2019. Effect of Media Trainer on Electromagnetic Control and Industrial Panel on Learning Outcomes. International Journal for Educational and Vocational Studies 1. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i7.1678
Sando, J., Putra, M., Endramawan, P., Hariwibowo, A., 2016. Pembuatan trainer instalasi motor 3 phase. JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO) 1, 81–90.
Schneider, S., Beege, M., Nebel, S., Rey, G.D., 2018. A meta-analysis of how signaling affects learning with media. Educational Research Review 23, 1–24. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2017.11.001
Sedayu, B.B., Erawan, I.M.S., Utomo, B.S.B., 2013. Rancang Bangun dan Ujicoba Mesin Pemisah Daging Ikan Berdaya Listrik Rendah. Jurnal Pascapanen dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan 8, 125. https://doi.org/10.15578/jpbkp.v8i2.43
Setiawan, A.L., Yuniarti, N., 2017. Pengembangan media pembelajaran trainer kit sistem pengendali elektromagnetik. Prodi Pendidikan Teknik Elektro 7, 265–272.
Simarmata, J., Hamid, M.A., Ramadhani, R., Chamidah, D., Simanihuruk, L., Safitri, M., Napitupulu, D., Iqbal, M., Salim, N.A., 2020. Pendidikan Di Era Revolusi 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan. Yayasan Kita Menulis, Medan.
Sugiyono, 2015. Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Tixador, P., 1999. Superconducting electrical motors. International Journal of Refrigeration 22, 150–157. https://doi.org/10.1016/S0140-7007(98)00028-0
Utami, I.S., 2017. Pengujian Validitas Model Blended Learning di Sekolah Menengah Kejuruan. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro 2, 1. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.963
Weiss, H.A., Leuning, N., Hameyer, K., Hoffmann, H., Volk, W., 2019. Manufacturing efficient electrical motors with a predictive maintenance approach. CIRP Annals 68, 253–256. https://doi.org/10.1016/j.cirp.2019.04.044
Yasmiri, Y., Syah, N., Ambiyar, A., Hamid, M.A., 2017. Evaluasi Program Layanan Bimbingan Karir dengan Model Kirkpatrick di SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro 2, 23. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1479
Yuliawati, L., Aribowo, D., Hamid, M.A., 2020. Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik. JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO) 5, 35–42. https://doi.org/10.25273/JUPITER.V5I1.6197
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v30i1p1-13
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan
Gedung B11, Lantai 2
Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur
TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License