Meningkatkan Ketrampilan Mendeskripsikan Gambar melalui Model Example Non Example pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
The purpose of this study is to describe the improvement in writing description skills using the example non example model in third grade students. The results of this study indicate that the application of learning to write descriptions using non-sample model examples can increase. It was proven that most of the students had finished their study at the first meeting of Cycle 1. At the second meeting most students were complete. Besides that, in Cycle 2 the first meeting most students had finished learning. Finally, at the second meeting, all students had finished learning.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis deskripsi menggunakan model example non example pada siswa kelas tiga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menulis deskripsi menggunakan contoh model non contoh dapat meningkat. Itu terbukti sebagian besar siswa sydah tuntas belajar siswa pada pertemuan pertama Siklus 1. Pada pertemuan kedua sebagian besar siswa sudah lengkap. Selain itu, pada Siklus 2 pertemuan pertama sebagian besar siswa sudah tuntas dalam belajar. Akhirnya, pada pertemuan kedua, semua siswa sudah tuntas dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Cahyaningsih, Heny. 2014. Peningkatan Ketrampilan Menulis Deskripsi Dengan Model Example Non Example Pada Siswa Kelas II SDN Bendoagung 2 Kabupaten Trenggalek. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Depdiknas. 2008. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI (KTSP). Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan
Hitipeuw,Imanuel. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Mudiono, Alif. 2010. Pengembangan Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inofatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Pustaka Pelajar
Zainurrahman. 2011. Menulis Dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v27i22019p47-55
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Yuswandi Diantoro, Ivo Damayanti, Siska Siska
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Wahana Sekolah Dasar
ISSN 0854-8293 (print)
ISSN 2622-5883 (online)
Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:
View Visitor Stats