Pengembangan LKPD Berbasis Guided Inquiry Materi Perpindahan Kalor di Sekolah Dasar
Abstract
Learning Natural Sciences in Elementary Schools in the application of inquiry models that have not been maximized so that it requires teaching materials to make active and independent in learning science especially the material of heat transfer. The purpose of this study is to develop LKPD based on guided inquiry heat transfer material for class V in elementary schools. The research method uses R&D development according to Borg & Gall. The stages in the study consisted of 8 steps due to time limitations including: (1) potential & problems, (2) data collection, (3) product design, (4) design validation, (5) design revision, (6) product trials, (7) product revisions, (8) trial use. The results of the material validation are 87% (very valid), 100% media validation (very valid), 100% language validation (very valid), 92% user validation (very valid), and 100% product trial (very practical). So it can be concluded LKPD is declared to be very valid and practically used in learning science. On the material of heat transfer.
Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar dalam penerapan model inquiry yang belum maksimal sehingga memerlukan bahan ajar untuk membuat aktif dan mandiri dalam belajar IPA khususnya materi perpindahan kalor. Tujuan pada penelitian ini mengembangkan LKPD berbasis guided inquiry materi perpindahan kalor untuk kelas V di Sekolah Dasar. Metode penelitian menggunakan pengembangan R&D menurut Borg & Gall. Tahapan dalam penelitian terdiri atas 8 langkah karena keterbatasan waktu meliputi: (1) potensi & masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian. Hasil validasi materi 87% (sangat valid), validasi media 100% (sangat valid), validasi bahasa 100% (sangat valid), validasi pengguna 92% (sangat valid), dan uji coba produk 100% (sangat praktis). Sehingga dapat disimpulkan LKPD dinyatakan sangat valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran IPA.pada materi perpindahan kalor.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. 2016. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Akbar, Sa’dun. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Faridy, DV, Untari, E, Mudiono, A. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Siklus Hidup Hewan di Kelas V SD. Jurnal Wahana Sekolah Dasar Volume 27 Nomor 1. Dari: http://journal2.um.ac.id/index.php/wsd/article/view/6951
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Kuhlthau, C.C, Maniotes, L. K, & Caspari, A. K. 2015. Guided Inquiry, Learning in The 21st Century Second Edition. California: ABC-CLIO, LLC.
Maniotes, Leslie K. 2018. Guided Inquiry Design in Action – Elementary School. Santa Barbara: ABC-CLIO, LLC.
Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Setiautami, Dria. Eksperimen Tipografi dalam Visual Untuk Anak. Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Komunikasi dan Multimedia, Bina Nusantara University HUMANIORA, 2(1), 312 ̅ 317. Dari https://media.neliti.com/media/publications/167175-ID-eksperimen-tipografi-dalam-visual-untuk.pdf.
Setiowati, A., Ngabekti, S., & Rahayu, E.S. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Gerak Tumbuhan. Journal of Biology Education, 6(1), 34 ̅ 45. Dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Syamsurizal, Epinur, & Dev, i M. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Non Eksperimen Untuk Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI IPA SMA N 8 Muaro Jambi. J. Ind. Soc. Integ. Chem, 6(2), 35–42.
Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Widjayanti, Endang. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah disajikan dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat. Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY, Yogyakarta, 22 Desember.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v27i22019p56-65
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Dona Ashari, Lilik Bintartik, Alif Mudiono
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Wahana Sekolah Dasar
ISSN 0854-8293 (print)
ISSN 2622-5883 (online)
Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:
View Visitor Stats