Peningkatan Hasil Belajar Menggali Informasi dari Dongeng Binatang Melalui Media Audio Visual di Sekolah Dasar

Wikke Indra Cahya, Sutansi Sutansi, Ferril Irham Muzaki

Abstract


This study aims to determine the increase in learning outcomes to dig information from fables through audio visual media in grade II SDN Jeblog 1 Blitar Regency. The research method uses classroom action research. Data collection techniques used were observation, interviews, documentation, tests, and field records. Data were analyzed using descriptive qualitative. The results showed that students who reached the minimum completeness criteria prior to the implementation of the pre-action research was 44%, then after the implementation of the study through the use of audio-visual media increased to 67% in the first cycle and increased again to 85% in the second cycle. Based on the analysis and discussion of research it can be concluded that the use of audio-visual media in learning to explore information from fables can improve student learning outcomes.

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggali informasi dari dongeng binatang melalui media audio visual di kelas II SDN Jeblog 1 Kabupaten Blitar. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan cacatan lapangan. Data dianalisis menggunakan deskriptif kualitatitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebelum pelaksanaan penelitian pada pratindakan adalah 44%, kemudian setelah pelaksanaan penelitian melalui penggunaan media audio visual meningkat menjadi 67% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 85% pada siklus II. Berdasarkan analisis dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual pada pembelajaran menggali informasi dari dongeng binatang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


learning outcomes; fable; audio visual; hasil belajar; dongeng binatang; audio visual

Full Text:

PDF

References


Arikunto, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Baharuddin & Wahyuni, Esa N. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dzulfadli, dkk. 2017. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Murid Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Inpres Kelapa Tiga 1 Makassar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, (Online), 2 (1): 177-190, (https://journal.unismuh.ac.id), diakses 9 November 2018.

Habsari, Zakia. 2017. Dongeng Sebagai Pembentuk Karakter Anak. Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, (Online), 1 (1): 21-29, (http://journal.um.ac.id), diakses 29 Januari 2019.

KBBI, 2017. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI), (Online), (https://kbbi.web.id/), diakses 29 Januari 2019.

Majid, Abdul. 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mudiono, Alif. 2010. Pengembangan Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Sadiman, Arief S., dkk. 2010. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudarwanto, dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Stimulasi Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Semester 1 Tahun 2017/2018. Kalam Cendekia, (Online), 6 (3.1): 1-10, (http://jurnal.fkip.uns.ac.id), diakses 11 November 2018.

Sudjana, N. & Rivai, A. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sumayasa, I., dkk. 2015. Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar Se Gugus VI Kecamatan Abang Karangasem. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, (Online), 5 (1): 1-11, (http://119.252.161.254/e-journal), diakses 8 Januari 2019.

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Wikke Indra Cahya, Sutansi, Ferril Irham Muzaki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats