Penerapan Model Contextual Teaching Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perpindahan Kalor pada Siswa Kelas V SD

Yunita Nur Azizah, Esti Untari, Alif Mudiono

Abstract


The purpose of this study is to describe learning result through the application of the contextual teaching learning model. The research approach uses qualitative design with classroom action research. Data collection uses observation, tests, documentation and field notes. The results showed that the application of the contextual teaching learning model can improve learning outcomes of knowledge, skills and attitudes.

 

Tujuan dari penelitian ini, mendeskripsikan hasil belajar melalui penerapan model contextual teaching learning. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif yang dirancang dengan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model contextual teaching learning dapat meningkatkan hasil belajar pengetahuan, keterampilan dan sikap.


Keywords


learning result; contextual teaching learning; heat transfer; hasil belajar; CTL; perpindahan kalor

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta,

Febriana, A., Sutansi, S., & Mudiono, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Contextual Teaching And Learning (CTL). Wahana Sekolah Dasar 26 (2), 36-42

Maghfiroh, L., & Julianto. (2014). Penerapan Model Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD 02(02).

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.

Sugianto. (2008). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta : UNS Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukamti & Untari, E. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran IPA SD Kurikulum 2013 pada Kelas Atas Di Sekolah Dasar Kota Blitar. Dari http://lib.um.ac.id.

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v28i12020p011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yunita Nur Azizah, Esti Untari, Alif Mudiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats