PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DENGAN PENGUATAN KARAKTER MANDIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI GAYA DI KELAS IV SDN

Faizal As'ad Rifa'i, Lilik Bintartik, Arda Purnama Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar materi gaya dan penguatan karakter mandiri pada siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS). Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Penelitian dilakukan di kelas IV SDN Sukorejo 01 Kabupaten Blitar tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 30 anak, terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, tes, catatan lapangan, dan wawancara. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar aspek pengetahuan dengan pemberian tes di akhir pembelajaran pada setiap pertemuan di setiap siklus. Untuk hasil belajar aspek sikap mandiri dengan melakukan pengamatan pada saat pembelajaran berlangsung. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan tindakan dan analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar materi gaya dan penguatan karakter mandiri siswa kelas IV. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 73% dan siklus II sebesar 95%, sedangkan karakter mandiri siswa meningkat dari siklus I sebesar 58,5% dan pada siklus II sebesar 96,5%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) yang dilaksanakan guru dan siswa dengan sangat baik, dapat meningkatkan hasil belajar materi gaya dan penguatan karakter mandiri siswa kelas IV SDN Sukorejo 01 Kabupaten Blitar dengan sangat baik pula.

Keywords


CLIS, IPA, Hasil Belajar, Karakter Mandiri

Full Text:

PDF

References


Alifviani, Inayatul. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Siswa Kelas IV SD Negeri Kedungmutih I Demak. Semarang: Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi. Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Arisantiani, Ni Ketut, dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Childrens Learning In Science (CLIS) Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pendidikan Teknologi.

Baridah, W., L., (2019). Pengaruh Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) Terhadap Peningkatan Literasi Sains Siswa SD Negeri 2 Banaran Kertosono Nganjuk. Malang: Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Laili, Yanuari Nur, dkk. (2015). Pengaruh Model Children Learning In Science (CLIS) Disertai LKS Berbasis Multirepresentasi Terhadap Aktivitas Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMA Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika.

Nurdyansyah, Eni Fariyatul F. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Buku online. https://core.ac.uk/download/pdf/80561057.pdf.

Paputungan, Novalia. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Gorontalo Pada Mata Pelajaran IPA (FISIKA) Materi Pokok Tekanan. Gorontalo: Skripsi Universitas Negeri Gorontalo.

Permendikbud no 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud no 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rahayu, Esti Setya. 2015. Aplikasi Model CLIS (Children’s Learning In Science) Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Kimia Siswa Kelas X MAN Tulungangung 1 Melalui Pembuatan Briket Sampah Organik. Jurnal Review Pendidikan Islam.

Ratna, Susmiarti. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dalam Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri Krangganharjo 3 Toroh Grobokan Tahun Ajaran 2012/2013. Surakarta: Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Grup.

Trianto. 2017. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wardani, T., W., W., 2015. Keefektifan Model CLIS (Children Learning In Science) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Energi Siswa Kelas III SDN 01 Cikawung. Semarang: Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Wardani, Indah F, dkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran (CLIS) Children Learning In Science Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Bagi Siswa Kelas VIII SMP N 3 Getasan Kabupaten Semarang. Jurnal Pendidikan.

Winahyu, S., E., Kartini, H., & Bintartik, L., 2017. Pelatihan Penilaian Hasil Belajar Untuk Meningkatkan Kompetensi Professional Guru. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 1(1): 30-36.

Zainuddin, M. 2012. Membentuk Karakter Anak Bangsa. Malang: Universitas Wisnuwardhana Malang Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Faizal As'ad Rifa'i

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats